Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smartphone Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23670Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat media pembelajaran menggunakan Smartphone berbasis Android untuk pembelajaran teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Seririt, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan Smartphone berbasis Android untuk pembelajaran teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN), dan 3) mengetahui respons siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Seririt. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan analisa data persentase kelayakan untuk mengolah data kuesioner uji ahli isi dan uji ahli media, sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan analisa data model Standar Skala Lima. Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli media, ahli materi/isi, dan peserta didik. Hasil uji validasi media persentase hasil yaitu 82,85% termasuk kualifikasi layak, persentase ahli materi/isi 80% termasuk kualifikasi layak, respons kelompok kecil dan kelompok besar didapatkan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka rmedia pembelajaran menggunakan Smartphone berbasis Android layak digunkan pada mata pembelajaran teknologi Jaringan Berbasis Luas (Wan) pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Seririt.
Kata Kunci: Smartphone Berbasis Android, Jaringan Berbasis Luas (WAN)
Referensi
Ambara, M., Adiarta, A., & Indrawan, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 30-38.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Azwar, Saifuddin. 2015. Peyusunan Skala Psikologis Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryato. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Istiyanto, Jazi Eko. 2013. Pemrograman Smart Phone menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bangbang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Purnawan, M. W., Santiyadnya, N., & Sutaya, W. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Gambar Teknik Kelas XI TITL di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 40-47.
Putra, I., Ariawan, K. U., & Sutaya, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video CD Interaktif Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 1-8.
Sadiman, dkk. 1996. Media Pendidikan. Jakatra: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2014.Prosedur Penilian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.