PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS PROYEK GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Penulis

  • I Nyoman Medi Suartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Nurhayata Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis proyek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 25 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan. Data hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis proyek terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirusahaan siswa. Pada refleksi awal diketahui persentase rata-rata hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa sebesar 73,46 dengan ketuntasan klasikal 48%. Pada siklus I persentase rata-rata siswa meningkat menjadi 77,46 dengan ketuntasan klasikal 60%. Hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kembali meningkat pada siklus II yaitu menjadi 80,24 dengan ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis proyek efektif untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata-kata kunci : Model Quantum Teaching, hasil belajar

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles