Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual

Penulis

  • Putu Nia Sri Widyaputri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741

Kata Kunci:

Media Video Animasi, ASSURE, Matematika

Abstrak

Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis teknologi yang mengintegrasikan pendekatan pembelajaran didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual yang sudah teruji validitasnya pada pokok bahasan pecahan kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan mode ASSURE dengan tahapan yaitu (analyze learner, state standars and objectives, select strategies, technology, media and materials, utilize technology, media and materials, require learner participation, evaluate and revise). Subjek uji coba perorangan menggunakan tiga orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah berupa kuesioner atau angket. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian pengembangan ini, metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil hasil review ahli materi pembelajaran menunjukan media video animasi sangat baik dengan persentase 91,67%, hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan media sangat baik dengan persentase 95,00%, hasil review ahli media menunjukkan media sangat baik dengan persentase 91,67%, hasil uji perorangan menunjukkan media sangat baik dengan persentase 93,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan pecahan dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Biografi Penulis

Putu Nia Sri Widyaputri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425.

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Astra, G. N. W., Suarjana, I. M., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media video pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa IV gugus IV kecamatan Sukasada. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1399/1260.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. Elementary Education, 3(5), 261. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5888.

Margarita, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dengan Model Pbl Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 243–257. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15388.

Margarita, N., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dengan Model Pbl Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 243–257. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15388.

Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073.

Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227.

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282.

Siti Azizah. (2016). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis muvizu di kelas 2 sekolah dasar. Jkpm, 01(02), 180–192.

Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Widayanti, E., & Aisyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantukan Software Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp117-128.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Zulfikar, R. N., & Tamrin, M. (2019). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Metakognitif untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Kupang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 70–74. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3887.

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741

Terbitan

Bagian

Articles