PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU BANQUET AWAN SEWU HOTEL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.45299Keywords:
enikrahayu79@gmail.com (Penulis Pertama), bimapraharadilase2021@gmail.com (Penulis Kedua), gandasubrata2021@gmail.com(Penulis Tiga), henrynakano72@gmail.com (Penulis Keempat).Abstract
Kepuasan tamu merupakan hal yang menjadi prioritas utama yang harus dilakukan pihak manajemen hotel jika menginginkan usaha tersebut dapat berkembang. Pihak manajemen hotel harus menciptakan dan mengelola suatu sistem untuk melayani pelanggan yang semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas makanan dan pelayanan terhadap kepuasan tamu Banquet pada Awan Sewu Hotel. Populasi adalah seluruh tamu yang menggunakaan jasa pelayanan Banquet di Awan Sewu Hotel selama tahun 2021 sebesar 144.462 tamu, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel Accidental Sampling, yaitu kebetulan tamu tersebut sudah pernah menggunakan jasa di Awan Sewu Hotel minimal lebih dari satu kali. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian terbukti jika kualitas makanan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin makanan yang disajikan Awan Sewu Hotel berkualitas, maka akan semakin meningkatkan kepuasan tamu yang menggunakan jasa banquet. Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin meningkat kualitas pelayanan yang diberikan Awan Sewu Hotel, maka akan semakin meningkatkan kepuasan tamu yang menggunakan jasa banquet. Hasil pengujian simultan bahwa kualitas makanan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin pihak Awan Sewu Hotel mampu menghidangkan makanan yang berkualitas dengan ditunjang meningkatnya kualitas pelayanan yang diberikan, maka tentu akan menambah kepuasan tamu.
References
Agus Mertayasa, I Gede. 2012. Food and Beverage Service Operational. Yogyakarta: Andi.
Amanah, Dita. 2010. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan.” Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol 2, No 1.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
———. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (Ed 3). Yogyakarta. Andi.
Hadi, S. 2000. Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.
Margaretha S. & Edwin Japarianto. 2012. “Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image Terhadap Keputusan Pembeli Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo.” Jurnal Manajemen Pemasaran.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.
Suwarsono. 2010. Banquet Operation. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Offset. Yogyakarta: CV. AndiNo Title.
Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.