Pengaruh Fasilitas serta Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Domestik Objek Wisata Taman Air Tirtagangga
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.37309Keywords:
Facilities, Customer Satisfactions, Service QualityAbstract
This study aims to examine the effect of facilities and service quality either simultaneously or partially on customer satisfaction among domestic tourists at the Tirtagangga Water Park tourism object. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The number of samples in this research is 150 people, the sample method used is purposive sampling method based on certain criteria. The results of this study are (1) Facilities and service quality have a significant influence on customer satisfaction of Tirtagangga Water Park attraction among domestic tourists, (2) Facilities have a positive and significant influence on customer satisfaction of Tirtagangga Water Park's customers among domestic tourists (3) Service quality has a positive and significant impact on customer satisfaction of Tirtagangga Water Park's customers among domestic tourists
References
Aswad, S., Realize, & Wangdra, R. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna air bersih masyarakat Kampung Air Batam Center. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(2), 77–85.
Ellitan, L., & Anatan, L. (2009). Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Praktis. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (13 ed.; B. Sabran, ed.). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi (3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Mahmud, A., Jusoff, K., & Hadijah, S. (2013). The effect of service quality and price on satisfaction and loyalty of customer of commercial flight service industry. World Applied Sciences Journal, 23(3), 354–359.
Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Holiday Hotel Di Kota Batam. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 19–26.
Maydiana, L. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada jasa cuci motor mandiri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2).
Michelle, & Siagian, H. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantina. Agora, 7(1).
Oetama, S., & Sari, D. H. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, 3(1)
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung (The influence of service quality on customer satisfaction at JNE Branch in Bandung). Derema Jurnal Manajemen, 11(2).
Rutjuhan, A., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan: Studi kasus Mahfoed Life Gym. Pamator Journal, 13(1), 105–109.
Sammeng, A. M. (2001). Cakrawala pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.
Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 31–38.
Tjiptono, F. (2011). Service, quality and satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2013). Pemasaran jasa. Bandung: Bayumedia Publishing.
Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kenyamanaan terhadap kepuasan konsumen (Studi pada perusahaan jasa ojek online Go-Jek di Kota Kediri). JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208–224.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. , (2009).
Yoeti, O. A. (2003). Manajemen pemasaran hotel. Jakarta: Perea.
Yunita, M. (2018). Pengaruh pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Kopicie Jalan Gatot Subroto Kota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(1), 13–21.