Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.60942Keywords:
Media Sosial, Keputusan Berkunjung , InstagramAbstract
Fenomena media sosial adalah dampak dari perkembangan informasi dan komunikasi, dengan membawa perubahan cara berkomunikasi menjadi modern yang serba digital. Media sosial memungkinkan penggunanya dapat melakukan hubungan dengan pengguna lainnya yang membentuk ikatan secara virtual sehingga dapat mempengaruhi seorang dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media sosial instagram terhadap keputusan berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial instagram (X) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berkunjung (Y). Penelitian ini menyimpulkan bahwa responden pada penelitian ini menggunakan instagram dengan frekuensi yang sering, maka saran bagi pengelola untuk lebih meningkatkan frekuensi dalam memposting foto, video, dan informasi mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran.
References
Alviona, A., Salim, M. A., & Priyono, A. A. (2023). Pengaruh social media (instagram), celebrity endorse, dan harga terhadap keputusan pembelian Lozy Hijab (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2019. E-JRM, 12(2).
Ayudhita, T. V. (2020). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan berkunjung (Survei terhadap pengunjung individu yang mendapatkan informasi melalui akun media sosial instagram Jungleland Adventure Theme Park Sentul Bogor). [S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. repository.upi.edu. http://repository.upi.edu/59756
Damayanti, S. (2023). Pengaruh social media marketing instagram dan preferensi merek terhadap keputusan pembelian produk Starbucks Tangcity Mall Kota Tangerang. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/article/view/7930
Fadhilah, M., Cahya, A. D., & Maulida, P. (2023). Meningkatkan keputusan pembelian melalui influencer dan sosial media instagram pada busana muslim id Maera Indonesia Bandung. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1011-1025. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1467
Hidayati, L. N., & Sugiyono, S. (2018). Pengaruh harga, kepercayaan, keamanan, dan persepsi akan risiko terhadap keputusan pembelian sepatu Nike melalui instagram. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(11).
Kiswantoro, A., Hendratono, T., & ... (2023). A Bibliometric Analysis on Satisfaction and Loyalty in Homestay. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(1). https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57126
Pratama, T., & Rosha, Z. (2020). Pengaruh sosial media instagram dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Pantai Kata Kota Pariaman. Abstract of Undergraduate Research, 17(2).
Rahmah, N. F., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh promosi social media instagram dan facebook terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan tahun 2020. EProceedings of Applied Science, 6(2).
Wahidar, T. I. (2019). Efektivitas instagram terhadap keputusan berkunjung ke desa wisata Buluhcina (Studi deskriptif kuantitatif terhadap akun instagram @desabuluhcina). Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1).
Zakiyah, N. N., & Romadi, U. (2022). Pengaruh media sosial instragram terhadap keputusan berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i1.970