PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN ANGKA KUNJUNGAN MELALUI CITRA DESTINASI JUNGLELAND PASCA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nikolas Natalio Grattius Cahyosusatyo Universitas Kristen Satya Wacana
  • Rini Kartika Hudiono Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.80742

Keywords:

Digital Marketing, Destination Image, Tourism industry, covid19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh pemasaran digital terhadap peningkatan kunjungan wisatawan melalui pembentukan citra destinasi di Jungleland, Sentul Bogor, setelah pandemi COVID-19. Software SmartPLS 3 digunakan untuk melakukan analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi Jungleland dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh pemasaran digital. Terbukti bahwa platform media digital seperti Instagram, TikTok, dan website resmi Jungleland berkontribusi pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dan meningkatkan citra destinasi. Selain itu, telah ditemukan bahwa citra destinasi juga memengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung. Setelah pandemi, Jungleland dapat menjadi lebih menarik bagi wisatawan dengan menggunakan strategi pemasaran digital dan citra destinasi yang kuat. Studi ini membantu pengelola Jungleland mengoptimalkan penggunaan media digital dalam kampanye pemasaran mereka.

References

Arafat (2006). Behind a Powerfull Image. Yogyakarta: Andi Offset

Aryani (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 22-32.

Ayu, J. P. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari di Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 223–232.

Budi, L. H., & Amboningtyas, D. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Pariwisata Kota Lama Semarang.

Damarsiwi, E. P. M., & Wagini. (2018). Pengaruh Electronic Worth of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Pulau Tikus. Seminar Nasional Royal (SENAR), 9986(September 2018), 479–484.

Ghozali, I. (2006 ). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS . Badan Penerbit UNDIP , Semarang.

Ghozali, Imam & Hengky Latan. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Pariwisata Kota Lama Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 888-893.

Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.

Kaur, A., Chauhan, A., & Medury, Y. (2016). Destination image of Indian tourism destinations: An evaluation using correspondence analysis. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 28(3), 499-524. https://doi.org/10.1108/APJML-05-2015-0074

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (D. Sihombing, Trans.; Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Principles of Marketing (14th ed.). Prentice Hall

Lopes, S. D. F. (2011). Destination image: Origins, developments and implications. Journal of Pasos Revista de Turismo y Patrimonio Cultural, 9(2), 305-315.

Nasution, F. A., Safira, C., & Indainanto, Y. I. (2023). Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Objek Wisata Tebing Breksi Pasca-Pandemi. Journal Business Administration: Entrepreneurship and Creative industri, 2(1), 38-47.

Pitana, G., & Surya, K. (2009). Pengantar ilmu pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Ramzan, M., & Khan, F. (2010). Depression, Anxiety, and Their Associated Factors Among Medical Students. Journal of The College oh Physicians and Surgeons Pakistan, 20, 122-6.

Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.

Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., & Villarejo-Ramos, Á. F. (2014). Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web-based educational environment. Computers & Education, 74, 81–97.

Sanjaya, R. Josua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif Dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Segara, S. C., Effendi, I., & Lubis, A. (2023). The influence of brand image and digital marketing on the decisions to visit tourists to improve the community's economy in Sayum Sabah. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 1536-1542.

Sekaran, U. (2011). Research methods for business (Edisi I & 2). Jakarta: Salemba Empat.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.

Sugiarto, E., & Kusmayadi. (2000). Metodologi penelitian dalam bidang kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sumarsono, H., Supratman, R. G., & Alam, R. A. H. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Guna Meningkatkan Akupansi Kunjungan Wisatawan Kedok

Tasci, D. A., & Kozak, M. (2006). Destination brands vs destination images: Do we know what we mean?. Journal of Vacation Marketing, 12(4), 299-317.

Yanti, D. (2019). Analisis strategi pengembangan digital tourism sebagai promosi pariwisata di Toba Samosir. Jurnal Darma Agung, 27(April), 814-821.

Young Kim, E., & Kim, Y. (2004). Predicting online purchase intentions for clothing products. European Journal of Marketing, 38(7), 883-897. https://doi.org/10.1108/0309056041053930

Published

2024-08-25

Issue

Section

Articles