PENGARUH VARIASI MENU BREAKFAST TERHADAP KEPUASAN TAMU DI GRAND BASKO HOTEL PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.60987Kata Kunci:
pengaruh, variasi, menu breakfast, kepuasan tamuAbstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan variasi menu sarapan pagi, mendeskripsikan kepuasan pelanggan dan menganalisis pengaruh variasi menu sarapan pagi pada kepuasan pelanggan Hotel Grand Basko Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode asosiasi kausal. Pada penelitian ini terdapat 915 tamu yang berkunjung ke Hotel Grand Basko Padang dengan sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada tamu yang sarapan pagi di Hotel Grand Basko Padang. Pengujian instrumen dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas. Pada tahap pemrosesan data, fungsi-fungsi seperti merancang struktur data, pengkodean, pengeditan, dan entri data dilakukan. Analisis persyaratan dilengkapi uji normalitas, uji homogenitas, linieritas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh tingkat pencapaian responden menurut variabel variasi menu sarapan adalah 45% dengan kategori sangat tidak puas. Tingkat pencapaian responden pada variabel kepuasan tamu sebesar 38% dengan kategori sangat tidak puas. Hasil uji regresi linier sederhana memberikan nilai F hitung sebesar 120,844 dengan Sig sebesar 0,000 < 0,05, regresi dapat digunakan. Artinya variasi menu sarapan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil persamaan koefisien regresi sebesar 0,953 dengan sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap kenaikan variasi menu sarapan pagi menaikkan kepuasan pelanggan sebesar 0,953 satuan. Nilai R-square sebesar 0,571 yang berarti pengaruh variabel variasi menu sarapan pada kepuasan pelanggan Grand Basko Hotel Padang sebesar 57,1%, dan 42,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.
Referensi
Krisbiantoro, D., Suyanto, M., & Taufiqluthfi, E. (2015). Evaluasi keberhasilan implementasi sistem informasi dengan pendekatan Hot Fit Model ( Studi kasus: Perpustakaan STMIK AMIKOM Purwokerto). Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 9–10.
Pramono, R., Cornelia, J., Tiffany, T., Sastradi, Y., & Purwanto, A. (2020). Pengaruh pembelajaran variasi menu, harga, lokasi dan promosi pada intensi beli di Restoran XYZ Gading Serpong. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 226–235. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.352
Rani, R. (2019). Hubungan pengetahuan, variasi menu, keterpaparan informasi dan dukungan orang tua dengan minat sarapan pagi pada siswa kelas IV di SDN Rujukan 11 Lubuk Buayatahun 2019 (Doctoral Dissertation, Stikes Perintis Padang).
Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). The influence of menu variation and service quality on guest satisfaction. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tampanguma, I. K., Kalangi, J. A. F., Walangitan, O.F. C. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivity, 3(1), 7–12.
Ulinnuha, M. A. (2019). Gambaran sumbangan zat gizi makro sarapan pagi pada remaja putri di pondok pesantren Kh. Sahlan Rosjidi Universitas Muhammadiyah Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).
Welasasih, A. P., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh servicescape terhadap kepuasan tamu di UNP Hotel and Convention Center. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(3), 119–123. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.15372
Wigati, E. & Safitri, M. D. (2021). Pengolahan dan variasi appetizer pada saat beakfast terhadap kepuasan tamu di The Alana Hotel & Convention Center Solo. Jurnal Nusantara, 4(2), 1–6.