Persepsi Wisatawan Tentang Sapta Pesona Danau Maninjau Kabupaten Agam

Penulis

  • Dadra Are Putra Universitas Negeri Padang
  • Nidia Wulansari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i3.66812

Kata Kunci:

Persepsi, Wisatawan, Sapta Pesona

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penerapan sapta pesona di kawasan Danau Maninjau Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Wisatawan Tentang Sapta Pesona Danau Maninjau Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei, data yang digunakan dan akan dianalisi  sesuai dengan tujuan dan pertanyaan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat dilihat bahwa “Persepsi Wisatawan tentang Sapta Pesona Danau Maninjau Kabupaten Agam” dapat di kategorikan baik dengan jumlah tingkat capaian responden 34.551 yang berada pada rentang interval antara 29.750 – 36.750, yang dilihat dari 7 indikator : Aman, Tertib, Bersih, Indah, Sejuk, Ramah dan Kenangan. Dilihat dari indikator Aman berada pada kategori baik dengan jumlah tingkat capaian responden sebesar 4.635 yang berada pada rentang interval antara 4.250 – 5.250.  Tertib berada pada kategori baik dengan jumlah tingkat capaian responden sebesar 4.700 yang berada pada rentang interval antara 4.250 – 5.250. Bersih berada pada kategori baik dengan jumlah tingkat capaian responden sebesar 5.766 yang berada pada rentang interval antara 5.100 – 6.300.  Indah berada pada kategori baik dengan jumlah tingkat capaian responden sebesar 5.198 yang berada pada rentang interval antara 4.250 – 5.250. Sejuk berada pada kategori baik dengan jumlah  tingkat capaian responden sebesar 5.244 yang berada pada rentang interval antara 5.250 – 6.250. Ramah berada pada kategori baik dengan jumlah tingkat capaian responden sebesar 4.212 yang berada pada rentang interval antara 3.400 – 4.200 dan Kenangan berada pada kategori baik dengan jumlah tingkat capaian responden sebesar 4.924 yang berada pada rentang interval antara 4.250 – 5.250.

Referensi

Anas, Zulkifli. 2013. Sekolah Untuk Kehidupan. Jakarta: AMP Press.

Anonim. Undang – Undang Tentang Kepariwisataan, UU No. 10 Tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jenderal Hukum dan HAM.

Arikunto. S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, Usman. 2016. Psikologi Konsumen PT. Rajagrafindo Persada : Journal (Di akses 15 Maret 2023)

Hadi, W., & Widyaningsih, H. 2021. Persepsi Wisatawan Dengan Sapta Pesona Di Candi Ijo DesA Sambirejo, Prambanan, Sleman. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1). 39-48.

Hamzah, Faizal dan Eko Tri Utomo. 2016. Implementasi Sapta Pesona Pada Museum Mandala Wangsit Siliwangi Kota Bandung. Jurnal Pariwisata. Vol III No. 2. Bandung: BSI.

KBBI. Pengertian Persepsi. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/persepsi (Di akses 20 Maret 2023)

Khalik, W, 2014. Kajian Kenyamanan dan Keamanan Wisatawan di Kawasan Pariwisata. Kuta Lombok. Jurnal Master Pariwisata.

Pitana, Gayatri, 2005. Sisiologi Pariwisata Yogyakarta : Journal (Di akses 20 Maret 2023)

Rahim, Firmansyah. 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi.

Robbin, S. P. & Judge, T. A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Index

Robbins, Stephen. 2015. Organizational Behavior, 9th Edition. New Jersey : Precentice Hall International Inc.

Ridwan, Mohamad, 2012. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, PT. Sofmedia, Medan.

Ryanda, Rahmad & Wulansari, Nidia, 2021. Pengaruh Sarana dan Prasarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pulau Pasumpahan Padang, Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2 (1)

Putra, Dandi Radensyah, 2022. Persepsi Pengujung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu. http://repository.unp.ac.id/43010/

Sarlito W. Sarwono. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Suyadi. 2015. Pengaruh Program Sapta Pesona Terhadap Peningkatan Pengunjung Objek Wisata Guci Tegal. Jurnal Utilitas, Vol I, No. 2, Halaman: 157-169. ISSN: 2442-2241

Syafarda, Yudha & Putra, Trisna, 2021. Persepsi Wisatawan Tentang Sapta Pesona Di Objek Wisata Benteng Fort De Kock Bukittiinggi, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3)

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset. Yogyakarta.

Widiatmoko, A. 2022. Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona Wisata Taman Margasatwa Budaya Kinanta Kota Bukittinggi, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1).

Wirawan, 2013. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Articles