PERSEPSI STAF FRONT OFFICE TERHADAP PENGUASAAN BAHASA PRANCIS SEBAGAI PENUNJANG PELAYANAN DI HOTEL CLARO KENDARI

Penulis

  • Hasna Nur Ihsani Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iim Siti Karimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Farida Amalia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.83957

Kata Kunci:

Bahasa Prancis, Front Office, Hotel , Kualitas Pelayanan

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi pentingnya penguasaan bahasa Prancis di bidang perhotelan, khususnya pada departemen front office. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi staf front office hotel terhadap penguasaan bahasa Prancis dalam menunjang pelayanan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan enam narasumber yang dipilih berdasarkan kriteria sebagai staf front office yang telah telah bekerja lebih dari satu tahun dan pernah bertemu tamu Prancis saat bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf front office menganggap bahasa Prancis sebagai bahasa yang penting untuk dikuasai dalam menunjang pelayanan. Kesimpulannya, penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan berbahasa Prancis memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas layanan di hotel dengan membantu staf front office dalam memberikan pelayanan yang optimal. Penelitian ini juga mengimplikasikan bahwa pelatihan bahasa asing perlu terus dikembangkan dan diberikan inovasi oleh hotel, khususnya Hotel Claro agar terus mengembangkan pelatihan bahasa asing, salah satunya bahasa Prancis untuk meningkatkan kemampuan staf dalam berkomunikasi dengan tamu asing.

Referensi

Ab, A., Sambilaka, K. N., & Sudarmi, S. (2023). Penggunaan Bahasa Asing di Swiss-Belhotel Makassar. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 2(2), 58–65. https://doi.org/10.52352/jham.v2i2.1164

Aliansyah, H., & Hermawan, W. (2021). Peran Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Jawa Barat. Bina Ekonomi, 23(1), 39–55. https://doi.org/10.26593/be.v23i1.4654.39-55

Ardiyanti, A., Bandu, I., & Usman, M. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Dengan Media Flashcard (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya, 6(1), 176–186. https://doi.org/10.34050/jib.v6i1.4327

Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif : Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang (Issue December). PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Arsiyana, M. (2019). Bahasa Prancis untuk Pariwisata Sebuah Analisis Kebutuhan Subjektif dan Objektif Mata Kuliah Bahasa Prancis untuk Mahasiswa S1 Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 13(1), 31–44. http://dx.doi.org/10.47256/kji.v13i1.73

Astuti, P. (2022). Pengaruh Pelayanan Konsumen Di Hotel Surya Kencana Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan (CENDEKIA), Juni, 2(2), 39–44. https://prin.or.id/index.php/cendikia

Destiana Baetie. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara. Jom Fisip, 5(1), 1–27.

Djiwandono, P. I., & Yulianto, W. E. (2023). Penelitian Kualitatif Itu Mengasyikkan: Metode Penelitian untuk Bidang Humaniora dan Kesusastraan. Penerbit Andi.

Hasyim, M., Akhmar, A. M., Kuswarini, P., & Masdiana, M. (2018). Pemahaman Dan Penggunaan Variasi Bahasa Prancis Bidang Agrowisata Bagi Stakeholder Pariwisata Di Makassar Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Kepada Turis Mancanegara. Jurnal Ilmu Budaya, 6(2), 313. https://doi.org/10.34050/jib.v6i2.5458

Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas Dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Kajian Pariwisata, 2(1), 13–28. https://doi.org/10.51977/jiip.v2i1.297

Indrayatti, W., Zulaeha, I., Yuniawan, T., & Vivi Widayanti, D. (2021). Rekonstruksi Pembelajaran Bahasa Prancis di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana , 889–894.

Ngoluanta, B. R. E. (2023). Analisis Kebutuhan Buku Tingkat A1 Bidang Restoran dan Bidang Dapur di Politeknik Pariwisata Lombok. Media Bina Ilmiah, 17(1978), 1881–1900.

Puspita, B. (2012). Persepsi Pentingnya Penggunaan Bahasa Mandarin sebagai Penunjang Pelayanan bagi Staff Front Office di Hotel Solo Paragon. Tugas Akhir, Universitas Sebelas Maret.

Putri, A., & Lessy, Z. (2024). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Translate Sebagai Media Menerjemahkan. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(1), 2828–6863.

Teknik, P., Memandu, D., Kepada, W., Di, P., Wisata, D., & Marga, K. (2023). Senadiba Iii 2023. 39–45.

Tziora, N., Giovanis, N., & Papacharalabous, C. (2016). The role of foreign languages in hospitality management. International Journal of Language, Translation and Intercultural Communication, 4(1), 89. https://doi.org/10.12681/ijltic.10353

Wardhani, D. T. M. (2022). Pelatihan dan Pendampingan English for Tour Guide Pada Program Pendidikan Kecakapan Kerja 2021 di Kabupaten Situbondo. Jurnal Abdi Panca Mara, 2(2), 18–21. https://doi.org/10.51747/abdipancamara.v2i2.849

Diterbitkan

2024-08-25

Terbitan

Bagian

Articles