Multimedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Kalimat Efektif Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.75849Keywords:
multimedia interaktif, pembelajaran kontekstual, kalimat efektif, siswa sekolah dasarAbstract
Kurangnya pemahaman materi kalimat efektif berdampak pada hasil belajar Bahasa Indonesia yang belum optimal, akibat media pembelajaran yang kurang variatif dan tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun, validitas, serta efektivitas multimedia interaktif berbasis contextual teaching and learning materi kalimat efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini meliputi ahli rancang bangun, ahli isi/materi pembelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan beberapa siswa untuk subjek uji coba. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan metode tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan penilaian rancang bangun sebesar 93,18%, validitas berdasarkan hasil penilaian ahli isi, desain, media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil secara berurutan sebesar 96,87%, 92,5%, 93,18%, 92,26%, dan 93,85%, serta efektivitas berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 14,022. Sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 52 diperoleh 2,007. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa, inovasi multimedia yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi kalimat efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini ialah dapat menjadi acuan dan motivasi bagi guru untuk memanfaatkan media pembelajaran digital yang variatif, sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar siswa, guna memaksimalkan pembelajaran.
References
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33–60. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4017.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2017). Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertasi Aplikasi SPSS). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456.
Akhzan, N. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Praktik Jurnal LP2M, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i1.189.
Ananda, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok Dienes Siswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.2.
Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon sebagai Solusi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konfiks, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538.
Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662.
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746.
Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 639–645. https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p639-645.
Darman, R. A. (2021). Telaah Kurikulum. Jakarta: Guepedia.
Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2). https://doi.org/10.24127/ja.v3i2.328.
Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. JPGSD, 11(08), 1780–1793. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127.
Fachri, B. (2018). Perancangan Sistem Informasi Iklan Produk Halal Mui Berbasis Mobile Web Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 3, 98–102. https://doi.org/10.30645/jurasik.v3i0.69.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia interaktif dalam pembelajaran konsep listrik bagi calon guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. Retrieved from https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319.
Havizul, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS di sekolah dasar menggunakan model ddd-e. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283–297. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202.
Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh contextual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 48–59. https://doi.org/10.58230/27454312.11.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(12), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.
Khayroiyah, S., & Nasution, A. S. (2018). Penggunaan TIK Dan Internet Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Retrieved from https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/2517.
Kristanti, N. N. D., & Sujana, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan IPS pada Materi Kenampakan Alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 202–213. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46908.
Kusnandi, K. (2019). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare to Be Different". Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144. https://doi.org/10.25157/wa.v4i1.391.
Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i1.2027.
Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia–Medan. Warta Dharmawangsa, 58. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.389.
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33.
Maryati, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.435.
Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109. Retrieved from https://www.academia.edu/download/97827538/pdf.pdf.
Mustadi, A., Dwidarti, F., Ariestina, H., Elitasari, H. T., Darusuprapti, F., Asip, M., & Ibda, H. (2021). Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: UNY Press.
Nalinda, H., Formen, A., & Subali, B. (2023). Keefektifan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sumber Energi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 13(4). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.55191.
Nurstalis, N., Ibrahi, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579.
Pratiwi, N. P. E. Y., Pudjawan, K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20277.
Purani, N. K. C., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). Analisis kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8–12. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.125.
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765.
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391.
Roflin, E., & Zulvia, F. E. (2021). Kupas Tuntas Analisis Korelasi. Pemalang: PT. Nasya Expanding Management.
Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmik, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1105–1115. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905.
Sulistiawati, A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Bahasa Indonesia Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Digital Siswa Kelas IV SD Negeri Trayu. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59581 .
Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.36418/jist.v4i1.564.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26.
W, S. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645
Wardani, F. A., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Animasi Materi Ide Pokok (ADEK) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 1102–1110. https://doi.org/10.32670/ht.v1i8.1943.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Wityastuti, E. Z., Shella MasrofahHaqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1). https://doi.org/10.54082/jupin.39.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Invotek : Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Feby Widianita, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)