Penggunaan Buku Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Keterampilan Teknologi Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.76715Keywords:
Bututik, Tutorial, Media Pembelajaran, Keterampilan TeknologiAbstract
Kurangnya kesediaan buku tutorial pembuatan media pembelajaran yang dimiliki sekolah berpengaruh terhadap rendahnya keterampilan penggunaan teknologi guru. Guru masih kesulitan menemukan pedoman atau acuan yang bisa digunakan dalam menyusun media yang mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Buku Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap keterampilan teknologi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan jenis post test only control grup design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini ialah seluruh guru dan staf di salah satu sekolah dasar negeri. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini ialah seluruh guru di salah satu sekolah dasar negeri yang cenderung belum fasih menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, penilaian kinerja, dan penilaian produk. Data hasil penilaian dikumpulkan dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik interefensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 6,55 dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0,000, dimana thitung > ttabel (6,55 > 2,30) dan nilai probabilitas (p) < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa, inovasi BuTutik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan penggunaan teknologi guru. Implikasi penelitian ini ialah membantu guru mewujudkan pembelajaran yang berbasis digital serta sangat bermanfaat karena mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas.
References
Akhzan, N. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Praktik Jurnal LP2M, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i1.189.
Astuti, P., Febrian, F., Fera, M., Antika, R., AnisaFitry, Z., Setiawan, A., … Yodiatmana, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Mobile Learning untuk Pembelajaran Matematika Sekolah di Masa Pandemi. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.3892.
Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65–70. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.955.
Borman, R. I., & Putra, A. S. (2018). Game Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Autis Dengan Penerpan Pendekatan Edukasi Multisensori. Semnasteknomedia Online, 6(1), 1–6. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2080.
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130.
Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahmah, A., Ahmad, A., Naufal, A. M. F., & S, M. F. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4588.
Hadisaputra, S., Hakim, A., Muntari, M., Hadiprayitno, G., & Muhlis, M. (2018). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Guru IPA Sebagai Role Model Abad 21 dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i2.874.
Hasyim, I., Warsah, I., & Istan, M. (2021). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Daring pada Masa Pandemik Covid-19. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(2). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3212.
Indah, A. T. (2017). Pengaruh Keterampilan Teknologi Terhadap Produktivitas Pada Subbagian Evaluasi dan Pengembangan SDM Dirjen Perhubungan Udara Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v1i2.1974.
Iskandar, D., & Anriani, N. (2023). Kajian Dampak Sertifikasi Guru dan Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Guru: Literatur Review. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 760–767. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1662.
Khayroiyah, S., & Nasution, A. S. (2018). Penggunaan TIK Dan Internet Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Retrieved from https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/2517.
Kusuma, H. A., Suhendra, T., Yunianto, A. H., Akbar, T. F. N., & Hardiansyah. (2023). Pelatihan Internet Of Things (IoT) Untuk Peningkatan Kompetensi Guru SMKN 3 Tanjungpinang. Takzim: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 55–62. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v3i1.5539.
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1373/958.
Mansopu, M. I., & Krismiyati, K. (2023). Eksplorasi Praktik Teknologi Informasi Mahasiswa PPL Program Studi PTIK UKSW Dalam Situasi Pandemi Dan Setelah Pandemi. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 165–178. https://doi.org/10.24246/itexplore.v2i2.2023.pp165-178.
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113.
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.
Nugroho, I. D. (2015). Hambatan Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Kelas IV Sekolah Dasar Di Kecamatan Ponjong. Basic Educasion. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/129/122.
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367.
Robbani, M., & Fauzi, M. (2022). Pengaruh Program Pelatihan TIK terhadap Keterampilan Guru Menggunakan TIK di Madrasah Tsanawiyah Darussyafaat Lempuing Jaya. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 11(2), 232–236. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i2.14744.
Rohmah, N. (2021). Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan dan Kegunaannya. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 176–181. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.771.
Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3). https://doi.org/10.35793/jtek.v6i3.18070.
Srilaksmi, N. K. T., & Indrayasa, K. B. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan. Pusat Penjaminan Mutu, 1(1), 28–35. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/896.
Suryaningsih, H. A., & Purnomo, H. (2023). Kesiapan guru terhadap literasi digital pada implementasi kurikulum merdeka di SD negeri sembungan. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 247–253. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/546.
Suwidhiantari, N. P. A., & Ainin, I. K. (2018). Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Autis Di TK Mentari School Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/23644.
Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847.
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam Pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. Retrieved from https://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/68.
Ulviani, M., Tahir, S., & Budiman, A. (2023). Pembuatan media pembelajaran sastra indonesia berbasis ict di lab. School smp unismuh makassar. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 349–362. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7127.
Wahyuni, N. W. A., Gading, I. K., & Riastini, P. N. (2022). BUTUTIK: Meningkatkan Keterampilan Teknologi Guru SD. Mimbar Ilmu, 27(3), 474–484. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.49694.
Wahyuniar, W., Sari, D. K., & Uspayanti, R. (2021). Pelatihan Komputer Dasar Berbasis Aplikasi Microsoft Office bagi Siswa SMK Negeri 3 Merauke Provinsi Papua. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 195–202. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4176.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mas Arya Natha Prawira, Putu Nanci Riastini, Kadek Yudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)