Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Guru

Authors

  • Ni Putu Widya Oktaviani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32354

Abstract

Komitmen guru dianggap sebagai salah satu komponen yang paling penting bagi sekolah. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi komitmen guru, yaitu tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap komitmen guru. Rancangan penelitian ini adalah ex-post facto. Teknik dalam pengambilan sempel ini menggunakan teknik sampling total dengan keseluruhan populasi sebagai subjek terteliti sejumlah 35 guru PNS. Data dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan memberikan angket kepada seluruh guru PNS. Uji hipotesis pada peneltian ini dilakukan dengan uji analisis korelasi product moment dan uji analisis korelasi ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan tipe kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen guru sebesar 0,811≥ 0,334, terdapat korelasi yang signifikan budaya sekolah terhadap komitmen guru sebesar 0,914≥ 0,334, serta terdapat korelasi yang signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap komitmen guru dengan taraf signifikan 5% yaitu Fhitung = 81,44≥ Ftabel = 3,925. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah berkorelasi terhadap komitmen guru.

Author Biographies

Ni Putu Widya Oktaviani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Maria Goreti Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agustina, P. (2018). Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 206–219. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21853

Ahyanuardi. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.169

Akhmad Said. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Journal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 257–273. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Guru. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 178–188. https://doi.org/https://doi.org/10.37600/ekbi.v2i1.93

Dantes. (2007). Metodelogi Penelitian. Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, A. (2019). Kontribusi Implementasi Manajemen Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Kecerdasan Spiritual, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri di Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. 10(1), 66–71. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2792

Fadhli, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Komitmen Guru Terhadap Efektifitas Madrasah di Lhokseumawe. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 56–70. https://doi.org/10.25217/ji.v4i1.447

Handayani, T. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Hidayat, R. (2018). Optimalisasi Budaya Mutu Sekolah Untuk Meningkatkan Komitmen Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 595–606. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.786

Ideswal. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381

Juniarti. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal Of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108

Keizer, hendriady de. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Motivasi , Dan Icb Cinta Niaga Kota Bandung. 4(1), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v4i1.17402

Kusumaningrum, D. E. (2019). Budaya Sekolah Dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah Dengan Pendekatan Soft System Methodology. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 090–097. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p90

Machwati, A. (2015). Pengaruh Budaya Kerja, Komitmen, Motivasi Kerja Guru Terhadap Iklim Organisasi Sd. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 156–172. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6333

Muadin, A. (2020). Strategi Komunikasi Kiai dalam Membangun Komitmen Guru di Pesantren Nabil Husein Samarinda. 03(01), 23–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2890

Niswah, W. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kabupaten Demak jpai. Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2, 43–57. https://doi.org/https://doi.org/10.35801/jpai.2.1.2020.31181

Purwanti, K., AR, M., & Yusrizal, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Smp Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(8), 1500–1504. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620

Santri, R. P. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kota Lubuk linggau Ria. Manajer Pendidikan, 10(03), 295. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1271

Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063

Sonedi. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal, 18(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.436

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Tobing. (2017). Pengaruh budaya organisasi , gaya kepemimpinan kepala sekolah , dan motivasi kerja guru terhadap komitmen kerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 28–37.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Oktaviani, N. P. W., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 69–80. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32354

Issue

Section

Articles