Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32354Abstract
Komitmen guru dianggap sebagai salah satu komponen yang paling penting bagi sekolah. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi komitmen guru, yaitu tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap komitmen guru. Rancangan penelitian ini adalah ex-post facto. Teknik dalam pengambilan sempel ini menggunakan teknik sampling total dengan keseluruhan populasi sebagai subjek terteliti sejumlah 35 guru PNS. Data dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan memberikan angket kepada seluruh guru PNS. Uji hipotesis pada peneltian ini dilakukan dengan uji analisis korelasi product moment dan uji analisis korelasi ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan tipe kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen guru sebesar 0,811≥ 0,334, terdapat korelasi yang signifikan budaya sekolah terhadap komitmen guru sebesar 0,914≥ 0,334, serta terdapat korelasi yang signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap komitmen guru dengan taraf signifikan 5% yaitu Fhitung = 81,44≥ Ftabel = 3,925. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah berkorelasi terhadap komitmen guru.
References
Agustina, P. (2018). Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 206–219. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21853
Ahyanuardi. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.169
Akhmad Said. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Journal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 257–273. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Guru. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 178–188. https://doi.org/https://doi.org/10.37600/ekbi.v2i1.93
Dantes. (2007). Metodelogi Penelitian. Universitas Pendidikan Ganesha.
Dewi, A. (2019). Kontribusi Implementasi Manajemen Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Kecerdasan Spiritual, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri di Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. 10(1), 66–71. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2792
Fadhli, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Komitmen Guru Terhadap Efektifitas Madrasah di Lhokseumawe. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 56–70. https://doi.org/10.25217/ji.v4i1.447
Handayani, T. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342
Hidayat, R. (2018). Optimalisasi Budaya Mutu Sekolah Untuk Meningkatkan Komitmen Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 595–606. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.786
Ideswal. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381
Juniarti. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal Of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108
Keizer, hendriady de. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Motivasi , Dan Icb Cinta Niaga Kota Bandung. 4(1), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v4i1.17402
Kusumaningrum, D. E. (2019). Budaya Sekolah Dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah Dengan Pendekatan Soft System Methodology. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 090–097. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p90
Machwati, A. (2015). Pengaruh Budaya Kerja, Komitmen, Motivasi Kerja Guru Terhadap Iklim Organisasi Sd. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 156–172. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6333
Muadin, A. (2020). Strategi Komunikasi Kiai dalam Membangun Komitmen Guru di Pesantren Nabil Husein Samarinda. 03(01), 23–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2890
Niswah, W. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kabupaten Demak jpai. Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2, 43–57. https://doi.org/https://doi.org/10.35801/jpai.2.1.2020.31181
Purwanti, K., AR, M., & Yusrizal, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Smp Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(8), 1500–1504. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620
Santri, R. P. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kota Lubuk linggau Ria. Manajer Pendidikan, 10(03), 295. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1271
Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063
Sonedi. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal, 18(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.436
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tobing. (2017). Pengaruh budaya organisasi , gaya kepemimpinan kepala sekolah , dan motivasi kerja guru terhadap komitmen kerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 28–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)