Complaint Acts Expressed by The Tenth Grade Students at Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukasada

Authors

  • Putu Ayu Masita Maheswari .
  • Prof. Dr. Dewa Komang Tantra, M.Sc. .
  • Ni Putu Astiti Pratiwi, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i2.15094

Abstract

Keluhan dan tanggapan siswa masih kurang bervariasi. Sebenarnya ada beberapa jenis dan strategi dinyatakan dan dipilih untuk membuat keluhan dan tanggapan keluhan. Penelitian ini berfokus pada tindak lisan dan tanggapan lisan mengenai keluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali dan mengerti jenis dan strategi pada tindak lisan dan tanggapan lisan yang digunakan siswa sekolah kejuruan dalam membuat keluhan dan menanggapi keluhan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik elisitasi melalui simulasi percakapan. Siswa diminta untuk mengeluh dan menanggapi keluhan berdasarkan lima situasi berbeda. Data dikategorikan dan dianalisis berdasarkan teori mengenai jenis dan strategi tentang keluhan dan tanggapannya yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan siswa kebanyakan menyatakan jenis keluhan langsung yang bentuknya tertuju pada seseorang yang ada dalam situasi. Lalu, siswa kebanyakan menyatakan jenis penerimaan untuk menanggapi keluhan yang berarti mereka mengkonfirmasi keluhan tersebut. Di sisi lain, siswa kebanyakan memilih penuduhan langsung sebagai strategi tindak lisan dalam keluhan yang berarti mereka secara langsung menyatakan keluhan tersebut. Sementara itu, mereka memilih penjelasan sebagai tanggapan lisan yang digunakan untuk menjelaskan alasan kenapa keluhan tersebut dapat terjadi.
Kata Kunci : tindakan keluhan, tindakan ujaran, tindakan respon, kategori, strategi

This study intends to examine the locutionary and perlocutionary act categorizations of complaint and to investigate the locutionary and perlocutionary act strategies of complaint. There were 34 students as the subjects and they were asked to complain to their peers by given five different situations. The data were collected by using elicitation technique. The results of this study showed that the students used two categorizations for locutionary acts of complaint; Direct Complaint (187 complaints) and Indirect Complaint (142 complaints). For the perlocutionary act, they used four categorizations namely Acceptance (175 responses), Partial Acceptance (80 responses), Rejection (63 responses), and Disregarding (16 responses). In locutionary act strategies of complaint, the students used eight strategies; Hints (13 complaints), Annoyance (51 complaints), Ill Consequence (6 complaints), Direct Accusation (133 complaints), Indirect Accusation (39 complaints), Modified Blame (26 complaints), Explicit Blame in Person (34 complaints), and Explicit Blame in Condition (31 complaints). They also used nine strategies in responding the complaints. It included IFIDs (73 responses), Explanation or Account (95 responses), Acceptance of Responsibility (45 responses), Expression of Appeal (10 responses), Refusing Responsibility (43 responses), Concern to the Hearer (0 responses), Promise to Forbearance (11 responses), Offer of Repair (38 responses), and Emotional Exclamation (21 responses).
keyword : complaint act, locutionary act, perlocutionary act, categorizations, strategies

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles