THE EFFECT OF USING JIGSAW PUZZLE BOARD GAME TOWARDS THE ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT OF FOURTH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL IN KAMPUNG BARU, BULELENG SUB-DISTRICT IN ACADEMIC YEAR 2015/2016

Authors

  • Putu Mursita Tenia Sari .
  • Dra.Ni Made Ratminingsih, MA .
  • Putu Eka Dambayana S., S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.8240

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media jigsaw puzzle board game terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas empat sekolah dasar di Kampung Baru pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan kuasi-eksperimen dengan desain post-test only, non equivalent control group. Jumlah populasi penelitian ini adalah 163 siswa dari enam sekolah dasar di Kampung Baru. Dari jumlah populasi tersebut, penelitian ini menggunakan sampel 58 siswa dari SD Negeri 3 Kampung Baru sebagai kelas kontrol dan SD Negeri 5 Kampung Baru sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Selanjutnya, data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol (80,50>72,93). Selain itu, hasil tes hipotesis (independent t-test) menunjukkan bahwa tobs = 2,810>tcv= 2,003 (α=0,05) dengan ukuran efek 0,75 (kategori sedang sampai kuat). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari penggunaan jigsaw puzzle board game terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jigsaw puzzle board game efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa karena media ini memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengurangi kecemasan, meningkatkan motivasi dan partisipasi, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi satu sama lain.
Kata Kunci : prestasi belajar Bahasa Inggris, jigsaw puzzle board game, pebelajar anak-anak

This study was conducted to find out the significant effect of using jigsaw puzzle board game media towards the English learning achievement of fourth grade students in Kampung Baru in academic year 2015/2016. It was a quasi-experimental research which used post-test only, non equivalent control group design. The population of this study was 163 students from six elementary schools in Kampung Baru. From that population, this research used 58 students as sample consisted of SD Negeri 3 Kampung Baru as control group and SD Negeri 5 Kampung Baru as experimental group which were administered by cluster random sampling technique. The data were analyzed quantitatively by using descriptive and inferential statistics analysis. It was found that the mean score of experimental group was higher than the control group (80.50>72.93). Besides, the result of hypothesis testing (independent t-test) showed the tobs = 2.810>tcv= 2.003 (α=0.05) with the effect size 0.75 (categorized as moderate to strong). It means that there is a significant effect of jigsaw puzzle board game towards the students’ English achievement. As a conclusion, jigsaw puzzle board game is effective to be used as teaching media towards the students’ English learning achievement because it eases the students to comprehend the material, creates joyful learning atmosphere, decreases anxiety, increases students’ motivation and participation, as well as allows students to interact with others.
keyword : English learning achievement, jigsaw puzzle board game, young learners

Published

2016-08-04

Issue

Section

Articles