Student Learning Outcomes of Chemistry Education Undergraduate Program Through Online Mode
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.42435Abstract
Pembelajaran online sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Proses pembelajaran online yang sangat berbeda dengan tatap muka menuntut siswa untuk dapat beradaptasi dengan baik. Proses pembelajaran dilakukan secara online, sebagian besar siswa akan kesulitan memahami materi sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar dan kesulitan yang dialami mahasiswa selama pembelajaran online. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Subyek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara terstruktur. Data yang telah ditemukan selanjutnya diolah dengan teknik reduksi data, penyajian dan verifikasi. Peneliti menemukan bahwa setiap mata kuliah menyebarkan nilai dari A sampai BC. Hasil analisis data wawancara menunjukkan bahwa kesulitan mahasiswa selama pembelajaran online adalah lemahnya layanan internet, mahasiswa kesulitan mengatur waktu, ciri-ciri materi sulit diajarkan secara online, dosen hanya menyediakan bahan ajar, tugas terlalu banyak, dan tugas relatif singkat. waktu pengumpulan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia tergolong sangat tinggi.
References
Agustina, S., & Nandiyanto, A. B. 2021. The Effectiveness of Distance Learning Using Learning Management System Media and Whatsapp Groups at Senior High School. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 1(1), 89-98. http://dx.doi.org/10. 17509/xxxx.vxix. DOI: https://doi.org/10.17509/ijomr.v1i1.33786
Darmuki, A. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(2), 655-661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687
Fauza, N., Ernidawati, & Syaflita, D. 2020. Difficulty Analysis of Physics Students in Learning Online During Pandemic COVID-19. Jurnal Geliga Sains (JGS), 8(1), 49-55. http://dx.doi.org/10.31258/jgs.8.1.49-54. DOI: https://doi.org/10.31258/jgs.8.1.49-54
Ferazona, S., & Suryanti. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry (JREC), 2(2), 102-110. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826
Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. 2020. Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 168-175. https://doi.org/10.15294/jne.v6i2.25594.
Hamidy, A. 2021. Zoom Meeting vs Google Classroom: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 61-68. https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3225. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14964
Handayani, N., & Hidayat, F. 2018. Hubungan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di Kelas X SMK Kota Cimahi. Journal On Education, 1(2), 1-8.
Juwita, R. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar Ditinjau dari Kemampuan Awal Mahasiswa. Jurnal Pelangi, 12(1), 46-51. https://doi.org/10.22202/jp.2020.v12i1.4948.
Mahendra, I. W. 2021. Triging Student Learning Results with Utilizing Google Classroom and Zoom Platform. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 326-333. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34900. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34900
Muhammad, M., Setiawan, F., & Afiani, K. D. 2021. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 949-959. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2194. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2194
Noermalia, T., & Irwansyah. 2020. Penerimaan Teknologi Konferensi Video dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi, 12(2), 246-262. http://dx.doi.org/10.24912/jk.v12i2.8653. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.8653
Nurani, D. C., Adikara, F. S., Akhmad, Y., & Faida, M. 2021. The Influence of Quizizz Application in Learning Evaluation to Improve College Students' Learning Outcomes. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(4), 890-896. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8400. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8400
Panggabean, S., & Harahap, T. H. 2020. Study of Application of Quizizz Interactive Quiz Media on Student Learning Outcomes of Mathematics Education Study Program. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83. https://doi.org/10.30743/mes.v6i1.3143.
Purwanto, H., Hamka, D., Ramadhani, W., Mulya, D., Suri, F., & Novaliza, M. 2020. Problematics Study of Natural Sciences (IPA) Online at Junior High School in the Time of the Pandemic Covid-19. International Journal of Progressive Sciences and Techologies (IJPSAT), 21(2), 188-195. https://doi.org/10.52155/
Rahayu, R. P., & Wirza, Y. 2020. Teachers’ Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 392 - 406. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29226. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29226
Rerung, M. K., & Junita. 2020. Digital-Based Language Testing Implementation Designed for EFL Learnears. Acitya: Journal of Teaching and Education, 2(2), 129-140. https://doi.org/10.30650/ajte.v2i2.1385. DOI: https://doi.org/10.30650/ajte.v2i2.1385
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. 2018. Penggunaan Gadget sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 25-36. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36
Rosyid, N. M., Thohari, I., & Lismanda, Y. F. 2020. Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam Kuliah Statistik Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 46-52.
Sari, D. S., Jalmo, T., & Rakhmawati, I. 2021. Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Bioterdidik, 9(1), 59-69. http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22294. DOI: https://doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22294
Simaupang, N. I., Simatupang, I. M., Situmorang, A. P., & Sitohang, S. R. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Online pada Siswa SMA dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 68-76. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2290.
Sumbawati, M. S., & Ilmiyah, N. H. 2019. Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technology (JIEET), 3(1), 46-50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50. DOI: https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. 2021. Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Vegatama, M. R., & Amiruddin. 2021. Pengaruh Platform Zoom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Migas Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 369-374. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2822.
Wahyuni, Y. 2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 128-132. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Yensy , N. A. 2020. Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11410. DOI: https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.68
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)