PROFIL MODEL MENTAL SISWA TENTANG LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Penulis

  • Ni Nyoman Junitri Suari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16615

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil model mental siswa tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 8 Denpasar. Penelitian menggunakan teknik survey di kelas X IPA dengan melibatkan 155 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes model mental berbentuk pilihan ganda dua tingkat (two-tier test). Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokan kemiripan jawaban siswa ke dalam tipe model mental tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa profil model mental siswa kelas X IPA tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit, sebanyak 12,85% tergolong model mental ilmiah  dan 87,11% model mental alternatif, yang terdiri atas 63,85% benar sebagian, 19,63% miskonsepsi khusus, dan 3,63% tidak ada tanggapan. Dengan demikian, sebagian besar siswa belum memiliki model mental yang untuhuntuk memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Referensi

Chittleborough, G. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations In Developing

Student’s Mental Model of Chemical Phenomena. Thesis. Perth: Curtin University of Technology.

Handayani. 2015. Analisis Profil Model Mental Mental Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal

Penelitian dan Pembelajaran IPA,1(1). Diambil dari:

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/329.(19 September 2017)

Okvasari, R. 2014. Profil Model Mental Siswa SMA Pada Materi Sistem Koloid. Skripsi. Universitas

Pendidikan Indonesia. Diambil dari: http://repository.upi.edu/14310/. (19 September 2017)

Pujiasih, R. 2018. Profil Model Mental Siswa SMA Negeri Bali Mandara tentang Senyawa

Hidrokarbon. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sendur, G., Toprak, M., & Pekmez, E. 2010. Analyzing of Students’ Misconceptions About Chemical

Equilibrium.Makalah disajikan pada International Conference on New Trends in Education and Their

Implications, Antalya (Turkey).

Sucitra, I. G. N. B. 2016. Profil Model Mental Siswa tentang Korelasi Struktur Molekul terhadap Sifat

Senyawa Organik. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Suja, I W. 2015. Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia dalam Memahami Bahan Kajian

Stereokimia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 625-638.

Susanty, P. 2011. Profil Model Mental Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan

Nonelektrolit. Skripsi. Bandung: UPI. Diambil dari: http://aresearch.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=5460. (21 September 2017)

Treagust, D. F., Chittleborough G, & Mamiala T., 2003 The Role of Submicroscopic and Symbolic

Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 25(11):1353–1368.

Wang, C. Y. 2007. The Role of Mental-Modelling Ability, Content Knowledge, and Mental Model in

General Chemistry Students’ Understanding About Moleculer Polarity. Disertasi tidak dipublikasikan.

Columbia: University of Missouri.

Diterbitkan

2019-01-24

Cara Mengutip

Suari, N. N. J. (2019). PROFIL MODEL MENTAL SISWA TENTANG LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 59–63. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16615

Terbitan

Bagian

Articles