ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMA Negeri 2 Banjar dalam mempelajari materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek penelitian ini adalah 85 orang siswa dari seluruh kelas XII MIPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara. Data yang diperoleh berupa informasi mengenai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh faktor internal, meliputi minat belajar kimia rendah, motivasi belajar kimia rendah, pemaknaan konsep siswa terhadap materi kelarutan dan hasil kali kelarutan rendah, pemahaman konsep pendukung materi kelarutan dan hasil kali kelarutan rendah, dan kemampuan siswa dalam aspek perhitungan lemah. Faktor eksternal, meliputi penyesuaian kemampuan siswa dalam penerapan metode mengajar guru dalam kelas kurang, cara guru mengelola pembelajaran kimia, pengaruh teman sebaya, dan waktu pembelajaran kimia yang kurang efektif.
Kata Kunci: faktor kesulitan belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan
Abstract
This study aimed to describe the cause factors of students'learning difficulties at the SMA Negeri 2 Banjar in learning solubility and solubility product constant. The subjects were 85 students from all class XI MIA. The type of research was qualitative research. The data were collected by using test and interview. The data were the information about the cause factors of students’ learning difficulties insolubility and solubility product constant. The result of this research showed internal factors that caused students'difficultiesof learning, namely less learning interest toward chemistry, less learning motivation toward chemistry, less meaning toward solubility and solubility product constant concepts, less understanding toward concepts supporting solubility and solubility product constant topic, less calculation ability. The external factor was less adjustment of students' capability into teacher’s teaching method used in classroom, the way teacher’s managed chemistry learning, friends influence, and less effective learning time.
Key words: factors of difficulties of learning, solubility and solubility product constant
Referensi
Adawiyah, Robiatul dkk. 2017. Deskripsi Kesalahan Konsep Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 1 Teluk Keramat. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Tanjungpura.
Ahmad, Efendi. 2012. Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. Skripsi (tidak diterbitkan).Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Alkadrie, Tania dan Syarifah Bella. 2013. Analisis Pemahaman Konseptual dan Algoritmik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi (tidak diterbitkan). Pontianak: FKIP UNTAN PONTIANAK.
Anggraini, Fitri dan Purba, Jamalum. 2013. Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 1 Tanah Jawa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, UNIMED/STIKOM Tunas Bangsa.
Arianto, Agus. 2015. Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas IX IPA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura. Tersedia pada http://media.neliti.com/ (diakses pada tanggal 10 Oktober 2018)
Hanik, Asti Noor. 2015. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Skripsi (tidak diterbitkan). Pendidikan Teknik Boga, Universitas Negeri Yogyakarta.
Hartantia, R.,E.S.V. Hayus, dan A.N.C. Suparto. 2013. Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI.IA2 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).Vol.2 No.2 Tahun 2013.
Maharani, Tri Yunita, dkk. 2013. Menggali Pemahaman Siswa SMA pada Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier. Jurnal Vol.2 No.2. Universitas Negeri Malang, Surabaya.
Novandi dan Djazari, M. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Ak SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada http://journal.uny.ac.id/ (diakses pada tanggal 17 Oktober 2018)
Purnama, Rita Dwi, Mawardi dan Raudhatul Fadhilah. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 1 Man 2 Pontianak. Jurnal Vol. 4 No. 2. Kalimantan Barat: Prodi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak, Ar-Razi Jurnal Ilmiah.
Rumansyah dan Irhasyuarna, Y. 2001. Prospek Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Kimia di Kalsel. Kalimantan: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (029: 188-189).
Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan “Educational Psychology” Edisi Kedua. Penerjemah : Tri Wibowo B.S. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Saputro, S.T dan Sardiman. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, Tahun 2012, Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Suryabrata, Sumadi. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Windari, Ni Kadek Anna. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 1 Gianyar. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, Unversitas Pendidikan Ganesha.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)