TINJAUAN KONTRIBUSI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENDUKUNG PERKULIAHAN KIMIA DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24299Kata Kunci:
Kimia Dasar, google classroom, deskriptifAbstrak
Pembelajaran yang monoton akan menyebabkan mahasiswa menjadi kurang aktif mengikuti perkuliahan kimia dasar. Sebagai solusi dilakukan kombinasi google classrrom dalam perkuliahan. Jenis penelitian ini deksriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskipsikan perspektif mahasiswa dalam perkuliahan daring kimia dasar menggunakan google classroom. Instrumen data menggunakan kuisioner. Kuisioner digunakan untuk memperoleh data respon mahasiswa setelah menggunakan google classroom dalam empat kali sesi perkuliahan daring. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dari 70 orang mahasiswa fakultas teknik Universitas Ekasakti 80,00% meyatakan setuju google classroom mudah untuk dioperasikan, 64,28% menyatakan setuju google classroom memberikan kemudahan dalam pengerjaan tugas, 88,57% menyatakan setuju penggunaan google classroom memotivasi perkuliahan. Secara umum dapat kita lihat mahasiswa fakultas teknik Universitas Ekasakti memberikan respon positif dalam penggunaan google classroom dalam perkuliahan kimia dasar
Referensi
Chairunnisa, C. (2017). Islam, Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Terintegrasi Islami Kemuhammadiyahan dan Penghayatan Terhadap Nilai Agama. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1), 9–22.
Dewi, L. (2017). Designing Online Learning in Higher education Institution: Case Study in Curriculum and Instruction Course at Indonesia University of Education. Edutech, 16(2), 205–221.
Dina, D., & Nugraheni, A. R. E. (2017). Profil Kemandirian dan Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Mata Kuliah Wawasan dan Kajian MIPA Melalui Pembelajaran E-Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1921–1931.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019a). Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 70–76.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019b). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204.
Faika, S., & Side, S. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Neegeri Makassar. Jurnal Chemica, 12(2), 18–26.
Fanny, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Learing Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Lanjut. Jurnal Inventa, III(1), 130–135.
Fauzan, F., & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students ’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 271–285.
Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.
Gusta, W., Christina, D., & Zakirman, Z. (2020). Improved Student Collaboration Skills On English Learning Using Jigsaw Models. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 1051–1056.
Gustina, G., Ananda, A., Kosasih, A., Zakirman, Z., & Ardimen, A. (2020). Contribution Of Edmodo Smartphone Application To Support Assessment Activities In The Social Science Learning Process ; Students Review. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 774–777.
Hasriani, G., & Raddhiyani, F. (2019). Perspektif Mahasiswa terhadap Teknik Pembelajaran pada Mata Kuliah Speaking. Seminar Nasional, (April).
Iftakhar, S. (2016). Google classroom: What Works and How? Journal of Education Social Sciences, 3, 12–18.
Isman, M. (2013). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar, 586–588.
Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Konten Online Untuk Mendukung Blended Learning Pada Perkuliahan Kimia Kuantum Dasar. Cakrawala Pendidikan, XXXIII(2), 186–197.
Mentari, L., Suardana, I. N., & Wayan, I. S. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Kimia, 2, 76–87.
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Clasroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Parade, A., Handayani, D., & Sumpono, S. (2018). Menggunakan Media Internet Docs. Google Pada Pokok Bahasan Reaksi Redoks Kelas X IPA di SMAN 4 Kota Bengkulu. ALOTROP, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 8–13.
Putri, S. D., Ulhusna, M., Zakirman, Z., & Gusta, W. (2020). Improvement of Student Science Literacy Skills Through Edmodo- Based Teaching Materials in Learning Science in Elementary School. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4649–4652.
Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Implementation of Physics Learning Materials Based Generative Learning With Open-Ended Problem Approach To Stimulate Critical Thinking Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 99. https://doi.org/10.26737/jipf.v4i2.1096
Rahayu, C., Eliyarti, E., & Festiyed, F. (2019). Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164–176. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i3.6139
Rahayu, C., & Festiyed. (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembeljaran Generatif Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–6.
Sabran, S., & Sabara, E. (2004). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 122–125.
Saifuddin, M. F. (2017). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Varia Pendidikan, 29(2), 102–109.
Soni, S., Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, … Hasanuddin, H. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMKN 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2(1), 17–20.
Zakirman, Z. (2017). Kelompok Gaya Belajar Reflektor Menurut Teori Honey Mumford Dalam Paradigma Perpustakaan. Shaut Al-Muktabah :Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 8(2), 133–142. https://doi.org/10.15548/shaut.v9i2.112
Zakirman, Z. (2019). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Play-Think-Pair-Share di SDN 19 Nan Sabaris. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(1), 41–51. https://doi.org/10.15548/shaut.v11i1.162
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi Dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(April), 85–93. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.592
Zakirman, Z., Lufri, L., & Khairani, K. (2018). Factors Influencing the Use of Lecture Methods in Learning Activities : Teacher Perspective. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 178(ICoIE 2018), 4–6.
Zakirman, Z., Lufri, L., Khairani, K., & Rahayu, C. (2020). Implementation of The Play-Think-Pair-Share (PTPS) Learning Model for Elementary School Students to Master Part of Top Skill 2020. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4643–4648.
Zakirman, Z., & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)