KIT Praktikum Media Pembelajaran Materi Campuran dan Larutan untuk Peserta Didik Tunanetra di SMPLB

Penulis

  • Wara Mulyaning Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Lutfi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30742

Kata Kunci:

Pengembangan, KIT Praktikum, Tunanetra

Abstrak

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi peserta didik agar manpu menjelajahi dan memahami alam sekitar melalui metode ilmiah yang ditekankan dalam bentuk 5M. Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu komponen instrumen terpadu atau disebut dengan KIT untuk mempermudah proses pengamatan atau percobaan peserta didik tunanetra pada SMPLB dalam menunjang pembelajaran materi campuran dan larutan yang valid, efektif dan praktis. Kompetensi dasar peserta didik tunanetra kelas sembilan SMPLB meminta peserta didik tunanetra dapat melakukan pengamatan maupun percobaan pada materi campuran dan larutan namun tidak selaras dengan ketersediaan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi perangkat yang digunakan di sekolah agar bekerja siap pakai efektif, serta praktis. Dihasilkan perangkat pembelajaran Campuran dan Larutan yang valid, efektif, dan praktis pada peserta didik tunanetra kelas IX SMPLB. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil uji ahli media, materi, dan guru pengajar peserta didik tunanetra. Hasil menguji dilakukan pada lima anak tunanetra. Respon diambil dari peserta didik tunanetra dan tiga orang guru SMPLB. Diperoleh hasil yang menyatakan bahwa pengembangan KIT Praktikum layak dengan memenuhi kategori valid, efektif dan praktis.

Biografi Penulis

Wara Mulyaning Utami, Universitas Negeri Surabaya

Chemistry Department

Referensi

Adawiyah, R., Sukaryawan, M., & Mujamil, J. (2019). Pengembanganmodul Laju Reaksi Berbasis Konstruktivisme Lima Fase Needham. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 6(1). https://doi.org/10. 36706/jppk.v6i1.8484.

Adawiyah, S. R., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Berbasis Generik Sains: Isolasi Fenobarbiton dari Kulit Batang Pohon Api-api (Avicennia marina). Chemistry Education Practice, 3(2), 84. https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.1994.

Andiastutik, E., & Lutfi, A. (2017). Pengembangan Permainan Diamond Chemistry Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas Xi Sma (Development of Diamond Chemistry Adventure Game As a Learning Media on Hydrocarbon Matter for Eleventh Grade Senior High School). UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 212–218. https://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/20214.

Artini, P. C. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Dengan Pola Deduktif. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 77-84. https://ejournal.undiksha .ac.id/index.php/JPK/article/view/21131.

Astono, J. (2010). Pengembangan Model Praktikum Sains Untuk Siswa Tunanetra Melalui Pendekatan Konstruktivis Serta Aplikasinya Pada Pendidikan Inklusif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.217.

Atikah, D. (2019). Program Hibah Jalan Daerah ( PHJD ) dan Keterlibatan Perempuan dalam Pekerjaan Konstruksi Jalan. Spirit Pro Patria, 5(2), 135–137. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/patria /article/view/1003/648.

Basri, A. S. H., & Sagala, H. B. (2019). Model Bimbingan Konseling Islam Bagi Siswa Tunanetra. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 2(1). https://doi.org/10.15575/alisyraq.v2i1.37.

Dalman, & Mardiana. (2019). The Development of Character Based Group Investigation Learning Models for Blind Students. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 1–5. https://doi.org/10.1088 /1742-6596/1179/1/012053.

Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal Of Science and Matematic Education, 1(2). https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2771.

Fansury, A. H., Lutfin, N., & Arsyad, S. N. (2019). Audio Books As Teaching Media To Blind Students In Learning EFL. Journal of Education, 1(1). https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i1.4.

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Di SMA 1 PITU RIASE KAB. SIDRAB. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/auladuna/article /download/5176/4669.

Indriani, E., Sahputra, R., & Hadi, L. (2018). Pengembangan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Ikatan Kimia. Journal FKIP Untan, 6(10). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view /22695/18012.

Khaeroh, I. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Dengan Hambatan Penglihatan ( Low Vision ) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(1), 11–21. https://journal.unesa.ac.id /index.php/ji/article/view/11328/4741.

Kizilaslan, A. (2019). Linking Theory to Practice: Science for Students with Visual Impairment. Science Education International, 30(1), 56–64. https://doi.org/10.33828/sei.v30.i1.7.

Kusumaningtyas, P. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Untuk Mengukur Kompetensi Siswa dalam Kegiatan Praktikum Kimia di SMA/K. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2128 – 2136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15470.

Lasia, K. (2020). Peningkatan Keselamatan Kerja Di Laboratorium Melalui Pelatihan Penggunaan Bahan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1). https://doi.org/ 10.23887/jwl.v9i1.21434.

Lestari, E. S. (2016). Buku Siswa SMPLB Tunanetra Kelas IX. Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar dan Menengah.

Matanari, C., Gaol, R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 6(2), 294–300. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435.

Michael, J. M., & Wohlers, H. D. (2019). Tools Enabling a Student Who Is Blind in a Liberal Arts Chemistry Laboratory Course. Journal of Science Education for Students with Disabilities, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.14448/jsesd.11.0010.

Mujiyanti, A. R., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Generik Sains Kimia Bahan Alam: Isolasi Asam Anakardat dari Kulit Biji Jambu Mete. Chemistry Education Practice, 3(2), 91. https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.1989.

Muslihah, N. N. (2018). Pembelajaran Soal Cerita Hitung Campuran Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i1.2332.

Praptaningrum, A. (2020). Penerapan Bahan Ajar Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat Smp Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2849.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Purwaningsih, O. (2019). Pengembangan Panduan Praktikum Virtual Larutan Penyangga Untuk Menunjang Pelaksanaan Praktikum Nyata. Chemistry in Education, 7(2). https://doi.org/10.15294/IJCS.V7I2.21466.

Rahmawati, H. K. (2018). Kegiatan Pengembangan Diri Dalam Menggali Potensi Anak Tunanetra Di Panti Tunanetra Aisyiyah Ponorogo. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i1.4463.

Rahmawati, R. Y., & Sunandar, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Orientasi dan Mobilitas melalui Penggunaan Tongkat bagi Penyandang Tunanetra. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 100–103. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p100.

Rosnita. (2016). Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Praktikum Dengan Menggunakan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA SD. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 103 – 106. https://doi.org/ 10.18269/jpmipa.v21i1.671.

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Journal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9734.

Sari, G. K., Indrawati, I., & Gani, A. A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/Pbl) Dengan Media Gambar Kejadian Fisika Pada Pembelajaran IPA Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v3i2.23269.

Savira, S. I., Wagino, W., & Laksmiwati, H. (2019). Apa yang Berbeda? Kemampuan Kognitif pada Anak Tunanetra Tanpa Pengalaman Visual (Congenital Visual Impairment). JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 20. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p20-39.

Sawitri. (2018). Upaya Meningkatkan Penguasaan Siswa Pada Pembelajaran Sains Dengan Metode Eksperimen Dan Kerja Kelompok Serta Metode Penugasan Pada Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5583.

Setiawan, I. d. (2018). Profil Pembelajaran Kimia Berbasis Kurikulum 2013 Di Kota Gorontalo Dan Kota Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2039–2054. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/13296.

Situmorang, D. D. B., & Mangunsong, F. (2018). Penerapan Music Therapy Berbasis Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Bagi Individu Dengan Visual Impairment, Bagaimana? JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n1.p39-58.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Suhanda. (2018). Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Purworejo. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2137 – 2148. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15471.

Suleman, M., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2019). Development of Media Three-dimensional (3D) Visualization using Virtual Reality on Chemistry Education. Journal of Physics: Conference Series, 1397, 012034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012034.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Journal of Science and Biology Education, 2(2). https://doi.org/10.31949/be.v2i2.759.

Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Yang Mengalami Kecacatan Fisik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 46. https://doi.org/10.23887/jiis. v5i1.18779.

Widiyawati, A. T. (2019). Kajian Literasi Media Digital Library Universitas Brawijaya (Studi Kasus pada Mahasiswa Tuna Netra Universitas Brawijaya). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 1. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.617.

Yuliati, Y. (2017a). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592.

Yuliati, Y. (2017b). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Journal of Science and Biology Education, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.1197.

Diterbitkan

2021-05-03

Cara Mengutip

Utami, W. M., & Lutfi, A. (2021). KIT Praktikum Media Pembelajaran Materi Campuran dan Larutan untuk Peserta Didik Tunanetra di SMPLB. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 16–24. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30742

Terbitan

Bagian

Articles