PENGEMBANGAN USAHA PERTANIAN KOPI MELALUI PEMASARAN DIGITAL DI UUP. CATUR PARAMITHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.47308Kata Kunci:
kopi, pemasaran, digitalisasiAbstrak
Pemasaran merupakan salah satu kunci bagi pelaku usaha dalam meningkatkan volume penjualan dan mempertahankan keberlanjutan usahanya. Produk kopi yang dihasilkan oleh Unit Usaha Pengolahan atau UUP. Catur Paramitha masih sebagian besar dipasarkan secara konvensional dan kurang intensif. Di samping itu, permasalahan lain seperti administrasi pembukuan belum menggunakan aplikasi digital. Tujuan dilakukan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengelola usaha dalam bidang strategi pemasaran terutama digital marketing serta untuk memberikan keterampilan penggunaan smartphone sebagai sarana untuk melakukan pemasaran digital secara lebih produktif. Kegiatan pengabdian dilakukan di UUP. Catur Paramitha Desa Catur Kecamatan Kintamani, Bangli. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survey, observasi, wawancara, pelatihan, dokumentasi serta evaluasi. Peserta kegiatan yang dilibatkan sebanyak 10 orang yang semuanya merupakan karyawan dari unit usaha pengolahan tersebut. Data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam digitalisasi usaha serta UUP. Catur Paramitha memiliki webprofile yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan usahanya.
Referensi
Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213
Andiana, B. D. L., Hurriati, L., & Fathurrahman, F. (2021). Adoption of Digital Marketing in Strengthening Micro, Small and Medium Enterprises in Mataram City during The Covid 19 Pandemic. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 554–557. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.148
Fuferti, M. A., Syakbaniah, & Ratnawulan. (2013). Perbandingan Karakteristik Fisis Kopi Luwak ( Civet coffee ) dan Kopi Biasa Jenis Arabika. Pillar of Physics, 2, 68–75.
Sulestiyono, D., Aresteria. Maya, & Lestiani, L. I. B. (2021). An Implementation of Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) Opportunities and Challenges In The Pandemic Era : A Literature Review. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 19–31. http://jema.unw.ac.id
Tuar, E. E., Tamba, I. M., & Lestari, P. F. K. (2019). Analisis pemasaran kopi arabika di Desa Belantih Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Agrimeta, 9(18), 10–14. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/agrimeta/article/view/634
Umbara, D. S., & Hikmatyar, M. (2020). Pengembangan Pemasaran Kopi Galunggung Menggunakan Sistem E-Commerce. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 178. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2956
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)