PENGENALAN LITERASI DAN NUMERASI PADA GURU-GURU BAHASA INDONESIA DAN NON-EKSAKTA SMP

Penulis

  • Sintowati Rini Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Nurita Bayu Kusmayati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.69055

Kata Kunci:

literasi, numerasi, AKM, materi bacaan

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep literasi dan numerasi kepada guru bidang studi juga melatih bagaimana penerapan literasi dan numerasi baik dalam materi bacaan/teks maupun soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi individual dan menguatkan karakteristik individu dalam penerapan literasi dan numerasi untuk menunjang kinerja pembelajarannya. Pembinaan yang diperlukan tentunya dalam bentuk pelatihan yang lebih intensif dan berkesinambungan. Pembinaan dimaksud adalah pelatihan yang berkenaan dengan penerapan literasi dan numerasi dalam materi dan soal Bahasa Indonesia oleh guru, yang dibatasi pada guru Bahasa Indonesia di SMPIT Fitrah Insani, Desa Tanimulya, Ngamprah, Bandung Barat. Metode yang akan dilakukan dalam pelaksanaan program ini melalui daring dan luring dalam empat tahapan, yaitu: 1) pemaparan mengenai pentingnya literasi dasar membaca dan numerasi pada abad 21, 2) pembahasan mengenai implikasi literasi dan numerasi pada materi pelajaran Bahasa Indonesia, 3) pelatihan menggunakan contoh-contoh materi bacaan/teks dan contoh soal yang mengandung literasi dan numerasi, 4) pendampingan untuk merefleksi praktik menganalisis materi bacaan/teks dan soal yang mengandung literasi dan numerasi. Hasil pelatihan adalah soal-soal mengandung literasi dan numerasi yang telah dibuat oleh guru SMPIT Fitrah Insani sebagai peserta. Disarankan untuk menambah guru dan memperluas cakupan mata pelajaran dalam pelatihan literasi dan numerasi selanjutnya. Selain itu, pelatihan dapat ditambahkan terkait aspek pembuatan infografis atau langkah-langkah memilih infografis yang tepat untuk menunjang pembuatan soal literasi numerasi.

Referensi

Badan Bahasa Provinsi Aceh. (2020). Sekilas Gerakan Literasi Nasional (GLN): Tugas Masih Berat. Retrieved July 17, 2023, from https://bbaceh.kemdikbud.go.id/2020/02/22/sekilas-gerakan-literasi-nasional-gln-tugas-masih-berat/.

Badan Bahasa. (2022). Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Retrieved July 17, 2023, from https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/734/menumbuhkan-gerakan-literasi-di-sekolah.

Battelle for Kids. (2019). Frameworks & Resources. Retrieved June 12, 2023, from https://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2019). Panduan Gerakan Literasi sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan MenengahKementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan MenengahKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran IPA, IPS, PJOK, dan Seni Budaya untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan MenengahKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2022). Menilik Waktu Pengerjaan dan Jumlah Soal dalam Asesmen Nasional Jenjang SMP. Retrieved June 12, 2023, from https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menilik-waktu-pengerjaan-dan-jumlah-soal-dalam-asesmen-nasional-jenjang-smp/.

Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Sekretariat Tim GLN Kemdikbud.

LMS Spada. (2017). Modul Penerapan Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kemendikbud.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3114.

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar). (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rachman, Bagus Ali dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131.

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles