PENGENALAN LITERASI DAN NUMERASI PADA GURU-GURU BAHASA INDONESIA DAN NON-EKSAKTA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.69055Kata Kunci:
literasi, numerasi, AKM, materi bacaanAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep literasi dan numerasi kepada guru bidang studi juga melatih bagaimana penerapan literasi dan numerasi baik dalam materi bacaan/teks maupun soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi individual dan menguatkan karakteristik individu dalam penerapan literasi dan numerasi untuk menunjang kinerja pembelajarannya. Pembinaan yang diperlukan tentunya dalam bentuk pelatihan yang lebih intensif dan berkesinambungan. Pembinaan dimaksud adalah pelatihan yang berkenaan dengan penerapan literasi dan numerasi dalam materi dan soal Bahasa Indonesia oleh guru, yang dibatasi pada guru Bahasa Indonesia di SMPIT Fitrah Insani, Desa Tanimulya, Ngamprah, Bandung Barat. Metode yang akan dilakukan dalam pelaksanaan program ini melalui daring dan luring dalam empat tahapan, yaitu: 1) pemaparan mengenai pentingnya literasi dasar membaca dan numerasi pada abad 21, 2) pembahasan mengenai implikasi literasi dan numerasi pada materi pelajaran Bahasa Indonesia, 3) pelatihan menggunakan contoh-contoh materi bacaan/teks dan contoh soal yang mengandung literasi dan numerasi, 4) pendampingan untuk merefleksi praktik menganalisis materi bacaan/teks dan soal yang mengandung literasi dan numerasi. Hasil pelatihan adalah soal-soal mengandung literasi dan numerasi yang telah dibuat oleh guru SMPIT Fitrah Insani sebagai peserta. Disarankan untuk menambah guru dan memperluas cakupan mata pelajaran dalam pelatihan literasi dan numerasi selanjutnya. Selain itu, pelatihan dapat ditambahkan terkait aspek pembuatan infografis atau langkah-langkah memilih infografis yang tepat untuk menunjang pembuatan soal literasi numerasi.
Referensi
Badan Bahasa Provinsi Aceh. (2020). Sekilas Gerakan Literasi Nasional (GLN): Tugas Masih Berat. Retrieved July 17, 2023, from https://bbaceh.kemdikbud.go.id/2020/02/22/sekilas-gerakan-literasi-nasional-gln-tugas-masih-berat/.
Badan Bahasa. (2022). Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Retrieved July 17, 2023, from https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/734/menumbuhkan-gerakan-literasi-di-sekolah.
Battelle for Kids. (2019). Frameworks & Resources. Retrieved June 12, 2023, from https://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2019). Panduan Gerakan Literasi sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan MenengahKementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan MenengahKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.
Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran IPA, IPS, PJOK, dan Seni Budaya untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan MenengahKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.
Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2022). Menilik Waktu Pengerjaan dan Jumlah Soal dalam Asesmen Nasional Jenjang SMP. Retrieved June 12, 2023, from https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menilik-waktu-pengerjaan-dan-jumlah-soal-dalam-asesmen-nasional-jenjang-smp/.
Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Sekretariat Tim GLN Kemdikbud.
LMS Spada. (2017). Modul Penerapan Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kemendikbud.
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3114.
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar). (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rachman, Bagus Ali dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.
Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)