MEMBERDAYAKAN GURU UNTUK MELAKSANAKAN “PROJECT CITIZEN” DALAM RANGKA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Penulis

  • - Sukadi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v3i2.9169

Abstrak

Kegiatan P2M ini bertujuan memberdayakan  guru-guru IPS dan PKn pada SMP dan SMA/SMK di Kota Singaraja untuk dapat mengimplementasikan  model pembelajaran Project  Citizen dalam  pembelajaran  di  kelas  sebagai  wahana  pendidikan karakter bangsa. Untuk tujuan ini guru-guru diberikan diklat model pembelajaran Project Citizen selama 20 jam, mengimplementasikan di kelas, dan mengikuti kegiatan showcase hasil portofolio  siswa. Hasilnya,  guru-guru  dapat menerapkan  model pembelajaran Project Citizen ini dalam pembelajaran IPS dan PKn di kelas sebagai wahana pendidikan karakter siswa dengan baik. Siswa juga dapat meningkatkan hasil belajarnya yang berorientasi pendidikan karakter, antara lain meliputi: pemahaman konseptual; kemampuan pemecahan masalah-masalah sosial kewarganegaraan; kepekaan dan komitmen terhadap lingkungan sosial kewarganegaraan; orientasi nilai dan sikap kewarganegaraan;  serta beberapa keterampilan  sosial kewarganegaraan  siswa, seperti: komunikasi, presentasi, kerja sama, sharing tanggung jawab kepemimpinan, kemampuan mendistribusi tugas, mengatasi konflik, dan keterampilan berkompetisi.

Diterbitkan

2017-02-01

Terbitan

Bagian

Articles