PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS BUDAYA PENYELIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20762Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis budaya penyelidikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SDN Gugus Kapten Kompyang Sujana. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SDN Gugus Kapten Kompyang Sujana sebanyak 562 Siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 9 Padangsambian sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan SDN 2 Padangsambian sebagai kelas kontrol sebanyak 39 siswa. Data hasil kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif tipe pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 5,694 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 77 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 5,694 > ttabel = 2,000. Berdasarkan kriterian pengujian, maka Ho ditolak. Hasil Penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari pada kelompok kontrol (= 82,80 > = 73,28 ). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis budaya penyelidikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus Kapten Kompyang Sujana.
References
DAFTAR PUSTAKA
Agung, A. A. Gede. 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja : FIP Undiksha
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Ed. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Astiti, Ni Putu Mia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 1, Nomor 2. Tersedia pada http:/e-journal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 24 Januari 2019).
Dewi, Pande Putu Yustika. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Abiansemal Tahun Ajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 2, Nomor 4. Tersedia pada http:/e-journal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 24 Januari 2019).
Kosasih. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum2013 : Kata Pena.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Kata Pena.
Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nalasari, Kd Anggi. 2016. Penerapan Inkuiri Terbimbing Dalam Pendekatan Saintifik Berbasis Budaya Penyelidikan Untuk Meningkat Keaktifan Dan Pengetahuan IPA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 4, Nomor 1.Tersedia pada http:/e- journal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 24 Januari 2019).
National Science Teacher’s Association. 2013. Buku Pedoman Guru Biologi. Edisi ke-4. Diterjemahkan oleh Sarwiji, Bambang. Jakarta : PT Indeks.
Salimah. 2011. Dampak Penerapan Bermain Dengan Media Gambar Seri Dalam Mengembangkan Ketrampilan Berbicara Dan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Edisi Khusus Nomor 1. Tersedia pada Jurnal.upi.edu (diakses tanggal 24 Januari 2019)
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Mothods). Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Yusuf, Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenandamedia Group.