Model Pembelajaran Creative Problem Solving Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn

Authors

  • Diean Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • made putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB Kt Ngr Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i1.27253

Keywords:

CPS, Tri Hita Karana

Abstract

Kurangnya antusias siswa dalam menerima pembelajaran di kelas yang disebabkan karena kurangnya inovasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga berpengaruh pada hasil belajar PPKn siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana   terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 300 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok sampel dipilih melalui teknik Cluster random sampling dan telah melewati uji kesetaraan terlebih dahulu, kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan kelompok kontrol jumlah 34 siswa. Dalam proses pengumpulan data, metode tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data post-test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varian. Rata-rata nilai post-test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen yaitu 82,44 dan kelompok kontrol yaitu 71,73. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 4,041 > ttabel = 2.000 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 64 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara.

Author Biographies

Diean Kusuma Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

made putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

DB Kt Ngr Semara Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Anjani, S. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar PGSD Undiksha, 5, 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10794

Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan. MIMPGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659

Arifah, B. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795 DOI: https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795

Budiana, Sudana, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving ( Cps ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.816

Cahyani, Khoiri, & Setianingsih. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 92–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17496

Dewi, Asri, & Suniasih. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ppkn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 33–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790

Diana Putra, I. D. G., Darsana, I. W., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 387. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19479 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19479

Elfa, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72 DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72

Ginting, E. B., Purwanto, S. E., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39 DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39

Hamid,Darmadi. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung. Alfabeta.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilmi, A. (2019). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Performa Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Rekayasa, Teknologi, Dan Sains, 3, 35. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jrets.v3i1.1135

Kurniaman, & Wuryandani. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Civics, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558 DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Kusumayani, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi IPA Siswa IV SD. Pendidikan Multikultural Indonesia, 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran PPKn Teori Pengajaran Ababd 21 di SD/MI. Yogyakarta: Samudera Biru.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Narayani, widya. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Nht Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia., 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785

Nuraziza, & Suwarma. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving yang dimiliki Peserta didik SMP melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Jurnal WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941 DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941

Nurhamidah, U. (2018). Pengaruh Model Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23923

Partayasa, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644

Pradnyawathi, N. N., Chintya, Ngr, G., & Agustika, S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementy Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 5(3), 361–366. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263

Sakaningsih, Asri, & Negara. (2014). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Reinforcement Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKn siswa kelas V SD N 18 Dangin Puri. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3030

Sedana, Suwatra, & Suranata. (2013). Pengaruh Model CTL Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Gugus I Kecamatan Buleleng. MIimbar PGSD Undiksha, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.839

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.

Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., Suwatra, I. I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166

Wiana, I. K. (2007). Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.

Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Wulandari, P., Abadi, I. B. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SS Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 161–168. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.15772

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yanti, N. L. M. S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 1, 90–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11967

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group.

Downloads

Published

2020-07-21

How to Cite

Dewi, D. K., putra, made, & Putra, D. K. N. S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i1.27253

Issue

Section

Articles