PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRIKAYA PARISUDHA BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • I Gede Sadhu satwika Pasek
  • I Komang Sudarma
  • I Gede Astawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha  berbasis masalah terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS 2) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha  berbasis masalah terhadap sikap sosial, dan 3) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha  berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent posttest only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Susut yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 115 siswa. Selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling dan didapatkan 2 sekolah dengan jumlah 45 siswa yang terdiri dari SD Negeri 3 Abuan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan SD Negeri 2 Susut sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 19 siswa. Data sikap sosial siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara simultan, terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. 2) terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial, dan 3) terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa moel pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah berpengaruh positif terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS.

References

DAFTAR RUJUKAN

Agung, A.A. G. 2017. Evaluasi Pendidikan. Edisi-4. Singaraja: Undiksha.

Anisabellah. 2017. “Pengaruh Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siwa Kelas VIII Di MTs AL-Maarif 01 Singosari Malang”. Tersedia pada http://etheses.uin-malang.ac.id/9239/1/13130118.pdf (diakses pada 20 Februari 2019).

Astawan, I G, I Gusti Putu Suryadarma, dan Sujarwo. 2018. Teori dan Aplikasi Model Pembelajaran Trikaya Parisudha di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha Press.

Ibrahim. 2017. “Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 199-211).

Fathurrohman. 2006. “Model-model Pembelajaran”. Tersedia pada http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf (diakses pada 20 Februari 2019) .

Lestari, Dwi. 2015. “Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V Sd”. Tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/517/483. (diakses pada 15 Januari 2018) .

Ruhimat, Ibrahim dkk 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rufaida, D. 2013. “Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran IPS Kelas Vb Sd Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul”. Tersedia pada https://eprints.uny. ac.id /15615/. (diakses tanggal 15 Januari 2019).

Santyasa, I W. 2005. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Suherman. 2014.“Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani”. Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1. Nomor 1 (hlm 71-76)

Surahman, E. dan Mukminan 2017. “Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-13).

Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Styanto, E. 2006. “Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 3. Nomor 1 (hlm 37-48)

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiona. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Pasek, I. G. S. satwika, Sudarma, I. K., & Astawan, I. G. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRIKAYA PARISUDHA BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20763

Issue

Section

Articles