IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERMUATAN KEARIFAN LOKAL DENGAN SETTING LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • I Gede Astawan Undiksha
  • Ni Wayan Rati
  • Nyoman Kusmariyatni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III kelas D berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 22 perempuan dan 12 laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Objek penelitian adalah 1) model pembelajaran kuantum bermuatan kearifan lokal dengan setting lesson study dan 2) kualitas pembelajaran IPA. Data yang dikumpulkan adalah kualitas pembelajaran IPA yang terdiri atas kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa. Kualitas proses dikumpulkan dengan observasi dan hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kualitas proses pembelajaran meningkat dari siklus ke siklus berikutnya. (2) Hasil belajar IPA mahasiswa meningkat dari siklus ke siklus berikutnya. Peningkatan hasil belajar sebesar 14,32%. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada dosen agar mencoba menerapkan model pembelajaran kuantum bermuatan kearifan lokal dengan setting lesson study.   

References

DAFTAR PUSTAKA

Atmaja, N. B. 2011. Local Genius dan Kearifan Lokal sebagai Modal Budaya dalam Pendidikan karakter. Makalah disampaikan dalam seminar nasional pendidikan karakter, yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha, pada tanggal 26 November 2011di Undiksha, Singaraja.

DePorter, B., Reardon, M., & Nourie, S.S. 2001. Quantum Teaching: Mempraktekan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Degeng, I N. S. 2001. Landasan Dan Wawasan Kependidikan. Malang: Lembaga Pengembangan dan Pendidikan (LP3) Universitas Negeri Malang.

Kasali, R., dkk. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Jakarta: Hikmah.

Konsorsium Indonesia. 2010. Pendidikan IPA. tersedia pada http://pendidikan-IPA.blogspot-.com/2008_09_01_archive.html, diakses tanggal 1 Septem-ber 2010.

Setjen MPR RI, 2012. ketetapam MPR RI No. VII/MPR/2001 tentang Visi Indonesia masa depan.

UNDP. 2009. Statistics Of The Human Development Report. http://hdr.undp-org/en/statistics/, Diakses Jumat, 23 Januari 2009.

Wiratma, I G. L. 2010. Politik Pendidikan dalam Pengembangan Kesadaran Kritis dan Jati Diri. Jurnal IKA. Vol. 8. No. 2. Hal. 107-122.

Yoshida, M. 2007. Sekilas Tentang Pelaksanaan Lesson Study di Jepang. Diterjemahkan oleh Muchlas Yusak, Widyaiswara LPMP Jateng. In-House Training Lesson Study, 9-11 Maret 2007, LPMP Jawa Tengah.

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Astawan, I. G., Rati, N. W., & Kusmariyatni, N. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERMUATAN KEARIFAN LOKAL DENGAN SETTING LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20760

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)