Integrasi Kebudayaan Lokal Bali dalam Modul Peduli terhadap Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i1.38569Keywords:
modul, peduli terhadap makhluk hidup, integrasi kebudayaan lokal baliAbstract
Pesatnya kemajuan teknologi yang dibarengi dengan masuknya kebudayaan asing membuat keberadaan kebudayaan lokal daerah memudar. Oleh sebab itu, perlu adanya pembelajaran yang dapat mengintegrasikan kebudayaan lokal dengan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul peduli terhadap makhluk hidup bermuatan kebudayaan lokal Bali. Subjek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran modul peduli terhadap makhluk hidup, sedangkan objek penilitian ini adalah validitas media pembelajaran modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Namun penelitian ini sampai tahap pengembangan mengingat kondisi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk melaksanakan tahap implementasi dan evaluasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode kuesioner dengan menyebarkan lembar penilaian kepada responden, yaitu ahli isi mata pelajaran, media pembelajaran, praktisi, dan uji coba perorangan. Hasil validitas media modul pada pelajaran IPA dinyatakan valid dan praktis dengan kategori sangat baik yang dilihat dari nilai uji coba menunjukkan skor 94, %-96%. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran modul ini dinyatakan layak digunakan karena memiliki kualifikasi yang sangat baik.
References
Afriansyah, E. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal …, 9(2), 239–250. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.649 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.649
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish.
Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 279–289. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238
Aisara, F., Nursaptini, & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala, 9(2), 149–166. https://doi.org/http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525 DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525
Barida, M., Prasetiawan, H., . S., & Muarifah, A. (2019). The Development of Self-ManagementTechnique for Improving Students’Moral Intelligence. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 660–669. https://doi.org/10.24331/ijere.628483 DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.628483
Br Sinulingga, S. H., Jaria, J., & Barus, E. (2019). Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–266. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203 DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203
Cahyadi, A. (2018). Pengembangan Dakwah Melalui Gerakan Kebudayaan. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18(2), 73. https://doi.org/10.29300/syr.v18i2.1682 DOI: https://doi.org/10.29300/syr.v18i2.1682
Competente, R. J. T. (2019). Pre-service teachers ’ inclusion of climate change education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 119–126. https://doi.org/10.11591/ijere.v8.i1.pp119-126 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.16923
Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V Sd Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 47. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902 DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902
Dofari, D. (2018). Pengaruh Budaya Nusantara Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Islam Di Indonesia. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 4(2), 283. https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i2.947 DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i2.947
Dwi Saputra, M., Joyoatmojo, S., & Kusuma Wardani, D. (2018). The Assessment of Critical-Thinking-Skill Tests for Accounting Students of Vocational High Schools. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 85–96. https://doi.org/10.24331/ijere.453860 DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.453860
F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1044–1053. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195 DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195
Gifari, A., Rispawati, R., & Yuliatin, Y. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Nasionalisme Di Lingkungan Sekolah Islam (Studi Di Mts Al-Falah Pancor Dao Lombok Tengah). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 41–53. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.95 DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.95
Hadi, H., Educatio, S. A.-J., & 2016, undefined. (2016). Pengembangan buku ajar geografi desa-kota menggunakan model ADDIE. core.ac.uk, 11(1), 90–105.
Hamid, M. A., Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility of electromechanical basic work e-module as a new learning media for vocational students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 199–211. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923
Hidyanto, F., Sriyono, S., Berkala, N. N.-R. J., & 2016, undefined. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. jurnal.umpwr.ac.id, 9(1), 24.
Husin, V. E. R., & Billik, A. H. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Anyaman Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika : Fisika Sains dan Aplikasinya, 4(2), 153–158. https://doi.org/10.35508/fisa.v4i2.1828 DOI: https://doi.org/10.35508/fisa.v4i2.1828
Iriansyah, M. N., Sumadinata, W. S., & Djuyandi, Y. (2020). Pengaruh Sikap Nasionalisme Pemuda terhadap Keamanan di Kota Bandung (Studi pada Siswa SMUN 3 dan SMUN 5 Bandung). Jurnal Analisis Sosial Politik, 4(2), 86–95. https://doi.org/10.23960/jasp.v4i2.59 DOI: https://doi.org/10.23960/jasp.v4i2.59
Isnaini, F. N., Krahayon, M. U., Safitri, H. I., & Lestari, D. (2018). EDI SUROJO MEDIA PENGENALAN KEBUDAYAAN LOKAL BERBASIS KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24445 DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24445
Journal, R. C.-H. I. E., & 2019, undefined. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. ojs.umsida.ac.id. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Kusuma, R. S. (2018). Peran Sentral Kearifan Lokal dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Pedagogik, 05(02), 228–239. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.385
Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809
Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Selembaran III. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 68–82. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.802
Mantaka, I. N., Sendratari, L. P., & Margi, K. (2017). Pengintegrasian Kearifan Lokal Subak Abian Catu Desa Sambirenteng Buleleng Bali Sebagai Sumber Belajar Ips Di Smp. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2828 DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2828
MARYATI, M. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL ANDROID APPYET BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAMPUNG PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK PESERTA DIDIK.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294
Maulida, R., Nadiya, D. Z., Annisa, K., Kusuma, Y., & Fakhru, L. (2021). Peran Budaya Indonesia Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17(1), 19–29. https://doi.org/10.17509/md.v17i1.30569
Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 1(1), 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053 DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518053
Muliawati, H., Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengenalan Cerita Rakyat Cirebon Pada Siswa SD Melalui Mendongeng Sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Cirebon. Jurnal Tuturan, 9(2), 53–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jt.v9i2.5131 DOI: https://doi.org/10.33603/jt.v9i2.5131
Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128
Nengsih, S. W. (2020). KEARIFAN LOKAL DALAM LEGENDA KEAGAMAAN MASYARAKAT BANJAR. JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA, 10(1), 41. https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395 DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395
Nuraini, L. (2019). INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KURIKULUM 2013. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (KUDUS), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873 DOI: https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
Nurfadhillah, S., Andriyanto, Shadiqa, C. D., Reffaldi, R. R., & Hasri, T. N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL SEBAGAI UPAYA MENYAMPAIKAN MATERI PEMBELAJARAN. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 177–197. https://doi.org/BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains
Pongpindan, A. (2019). Islam Khas Indonesia: Metodologi Dakwah Islam Nusantara. Lentera, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.21093/lentera.v3i2.1678 DOI: https://doi.org/10.21093/lentera.v3i2.1678
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066 DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/WIDYAGENITRI.V10I2.281 DOI: https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Sabilla Febriany, F., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Nilai-Nilai Pancasila dan Dinamika Etika Politik Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 690–695. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.139 DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.139
Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329 DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.411329
Sari, A. W., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Daerah Asal Serta Implikasi. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik), 1(2), 37. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p37-42 DOI: https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p37-42
Sari, B. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw.
Sari, S., Sari, S. A., & Putri, S. N. (2020). Pengembangan Handout Materi Sistem Koloid Berbasis Guided Note Taking untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas XI SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 41–59. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16226 DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16226
Selvia, L., & Sunarso, S. (2020). Interaksi sosial antara Suku Dayak dan Suku Banjar di Kalimantan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(2), 208. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n2.p208-216.2020 DOI: https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n2.p208-216.2020
Sofwan, M., & Wibowo, M. B. E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Unity Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 201–208. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8438 DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8438
Sufanti, M., Nuryatin, A., Rohman, F., & Waluyo, H. J. (2021). The Content of Tolerance Education in Short Story Learning in High Schools. Asian Journal of University Education, 17(1), 112–123. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609 DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609
Sularso, P. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan Tahun 2016. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181 DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal RontalKeilmuan, 5(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021
Sulianti, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Budaya Multikultural Untuk Menanamkan Sikap Patriotisme Warga Negara. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 48–55. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp48-55 DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp48-55
Sumadi, S., Degeng, I. N. S., Sulthon, S., & Waras, W. (2017). Effect of Ability Grouping in Reciprocal Teaching Technique of Collaborative Learning on Individual Achievements and Social Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 6(3), 216. https://doi.org/10.11591/ijere.v6i3.6565 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v6i3.6565
Syaputra, E. (2019). PANDANGAN GURU TERHADAP INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : STUDI DESKRIPTIF DI BEBERAPA SMA DI BENGKULU SELATAN DAN KAUR PENDAHULUAN Kearifan lokal merupakan salah satu elemen penting dalam suatu masyarakat , khsusnya dalam mewujudkan t. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1321
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tegeh, I. M., & Kirana, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Udy Nugroho, A. Y., Hanatan, A., . S., & . S. (2019). Learning Module for Elementary School Students Using Learning Model Based on LCM Theory. International Journal of Educational Research Review, 4(1), 44–49. https://doi.org/10.24331/ijere.472797 DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.472797
Untari, A. D. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung Sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136 DOI: https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42. https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197