PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK BERMUATAN TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick bermuatan Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen semu yaitu non-equivalen post-test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 8 Sangsit sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Sangsit sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 orang, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 54 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dengan instrument tes objektif. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah uji-t dengan rumus Polled Varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick bermuatan Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
DAFTAR PUSTAKA
Adnyana & Sadia. 2018. “Tri Hita Karana Values in Teaching and Learning of Indonesian Language for Foreign Students”. Journal of Social Science and Humanities. Vol. 8, No.2 (hlm 106).
Adnyana, I K W S. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana”. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No.3 (hlm 1-3).
Agung, A. A. G. 2016. Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Faradita, dkk. 2018. “Pengaruh Metode Pembeljaaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar”. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Vol.2, No.1. (hlm 47).
Kelompok Kerja Dosen IPA PGSD. 2018. Pendidikan IPA. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurniasih & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Kurniawan, M I. 2015. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar”. Journal Pedagogia ISSN. Vol. 4, No 1. (hlm. 41)
Lestari, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS”. Jurnal of Education Research and Evaluation. Vol. 1, No. 4.
Lidayanti, I P. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti”. e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1.
Purwanti dkk. 2018. “Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Thtough The Combina Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Mocement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulian Tengah BanjarBaru, Indonesia”. European Journal of Education Studies. Vol. 5, No.7. (hlm 27)
Putra, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas IV. e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.
Rahmat, A. 2017. “Talking Stick Model On Nonformal Education”. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 5, No.2. (hlm 150)
Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suwatra, I W dkk. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan.