Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i1.26437Kata Kunci:
Think Pair Share, Tri Hita KaranaAbstrak
Penguasaan kompetensi IPA masih kurang optimal karena masih dianggap sulit untuk dipahami bagi peserta didik. Proses pembelajaran yang masih dominan berfokus kepada guru sehingga menyebabkan kurangnya keikutsertaan peserta didik yang berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif memakai rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 516 siswa. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Sampel yang diperoleh sebanyak 73 siswa. Dalam mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan tes pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,730 > ttabel 2,000 pada taraf signikansi 5% dengan dk = 71, sehingga Ho ditolak. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.
Referensi
Andriani, L. L., Suarjana, I. M., & Lestari, L. P. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Budaya Masyarakat Lokal Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD, 021(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10624
Anggreni, P. F., Asri, I. A. S., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share ( Tps ) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V Gugus Letkol Wisnu. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10645
Anjani, S. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar PGSD Undiksha, 5, 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10794
Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan. MIMPGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659
Dewi, N. P. R. S., Ganing, N. N., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. MIimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10623
Dharmayanti, N. P., Ardana, I. K., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 5, 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10709
Febriana. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 148–155. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8891/pdf DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891
Fitriani, K., & Wuryandari, W. (2019). Media Kajian Kewarganegaraan Pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kerja sama siswa. Jurnal Civics, 16(1), 80–88. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21520 DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21520
Kadri, M. (2017). Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Yrama Widya.
Pangestuti, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 135–142. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.782
Pradnyawathi, N. N., Chintya, Ngr, G., & Agustika, S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementy Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660
Prasedari, L. P. E., Pudjawan, K., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 50–60. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771
Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 351–365. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136
Resmawan, I. K., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773
Santra, Putu, Citra Wibawa, I. M., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 307–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975
Santra, Wibawa, & Rati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 36–46. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/12962 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473–480. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783
Suhardana. (2007). Tri Kaya Parisudha. Surabaya: Paramita.
Sumantri, S. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Suryaningsih, N. K. E., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Untung Surapati Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10784
Suryantari, N. M. E., Suadnyana, I. N., & Wulandari, I. G. A. . (2018). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Pendidikan Multikultural Indonesia, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773
Tela, Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464 DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464
Trianawati. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2018/2019. International Journal of Elementary Education, 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Upayanto, I. D. (2017). Pelaksanaan Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 SD Negeri 4 Krandegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 40–52. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/6605/6371
Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 100–118. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118 DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118
Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476
Widnyana, I. G., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995
Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13894
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Wulandari, P., Abadi, I. B. G. S., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. Mimbar PGSD, 6, 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.15772 DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14721
Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 96–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778