Pemanfaatan Wisata Api Abadi Mrapen sebagai Edukasi Wisata Bersejarah bagi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Candra Kusuma Dewi Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • E. Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • I. Purbasari Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.38341

Kata Kunci:

Api Abadi Mrapen, Pemanfaatan, dan Wisata Edukasi

Abstrak

Wisata Api Abadi Mrapen merupakan kawasan cagar budaya yang terdapat tiga peninggalan sejarah dalam satu tempat. Wisata ini dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan merupakan aktivitas berupa tindakan menerima atau memakai hal-hal yang berguna sebagai sumber belajar. Pemanfaatan wisata edukasi yaitu suatu program wisata. Wisatawan berkunjung di suatu objek dengan tujuan utama untuk memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan wisata Api Abadi Mrapen sebagai wisata edukasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode etnografi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah tokoh masyarakat, Dinas Pariwisata Kabupaten Grobogan, arsip daerah, masyarakat sekitar, dan siswa sekolah dasar, sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui dokumentasi, artefak, serta data pendukung lainnya. Teknik dan instrument pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan wisata Api Abadi Mrapen sebagai sumber belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa objek wisata yang mendukung dan layak dijadikan sumber belajar. Sumber belajar wisata Api Abadi Mrapen dapat mencakup materi Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan muatan lokal. Pemanfaatan wisata sebagai sumber belajar sangat efisien untuk siswa dalam mempermudah proses belajar mengajar.

Biografi Penulis

Candra Kusuma Dewi, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD)

E. Aditia Ismaya, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD)

I. Purbasari, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD)

Referensi

Arnie Fajar. 2002. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarja.

Atmazaki, dkk.2013.Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran.Vol No 2.Hal 13-26.

Ayotrohaedi. 1982. “Peranan Benda Purbakala dalam Historiografi Tradisional”.Indonesia Journal of Cultural Studies.Jilid X No 03. Jakarta: Fakultas Sastra UI.

Buku TIC Provinsi Jawa Tengah.Menyingkap Peninggalan Sunan Kalijaga di Mrapen. Semarang

Brunvand, john Harold. 1978. The Study of American Folklore: An Introduction. New York: WW Norton &Company Inc.

Creswell,J W.2012.Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitatve and qualitative research (4th ed).Boston MA:Pearson

Danandjaja, James. 1994. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Danang &Wiwied Trisnadi. 1997. Kebijakan Kepariwisataan Indonesia dalam Jangka Panjang. Kelola, NO 16/VI/1997.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar Lanjutan Pertama. 2005.Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Sosial: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Sosial.Jakarta: Depdiknas.

Erik A.2017.Makna dan Nilai Buka Luwur Sunan Kudus (Sumbangan Pemikiran Mewujudkan Visi Kampus Kebudayaan).Jurnal Kredo.Vol.1.No.1.Hal 44-57 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1752

Esther Arianti. 2003.Relevansi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia dengan Peninggalan Sejarah sebagai Sumber Belajar. Tesis. UNS.

Grasindo, T. (2017).Hafal Mahir Materi IPS (Erwanda, ed.). Jakarta: PT Grasindo.

Hadi Setia Tunggal. 1997. Peraturan Perundang-Undangan Tentang Benda Cagar Budaya. Jakarta: Harvarindo.

Hanapi, dkk.2017.Pemanfaatan Objek Wisata Sebagai Sumber Belajar Konseptual.Jurnal Ilmiah:UNM.

Hasan Muarif Ambari.Pola Pembinaan dan Pengembangan Tradisi dan Sejarah. Pakuan Pajajaran Dalam Lingkup Kebudayaan Nasional. Makalah Seminar Nasional. Bogor.

Haryadi, Sugeng. 1986. Api Abadi Mrapen. Surakarta: Tiga Serangkai. Parikesit,

Hutomo, Suripan Sadi. 1991. Mutiara Yang Terlupakan: Pengantar Studi Sastra Lisan. Surabaya: HISKI.

Imaniar P, dan Erik.2019.Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Aplikasi Mobile Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar.Sejarah dan Budaya.Vol 13.No 1.Hal 97-106

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, Novi.2016. Pengelolaan Tanah Api Abadi Mrapen Tahun 1963-2008 Sebagai Warisan Budaya Dan Relevansinya Bagi Pembelajaran Sejarah.Jurnal UNS.VOL 1:1.Hal 79-98.

Miles, Mathew B dan A Michael Huberman. 1992/453.Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Moh.Ali R.2012.Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia.Yogyakarta:LkiS Pelangi Aksara.

Moleong Lexy J.2018.Metode Penelitian Kualitatif.PT Remaja Rosdakarya:Bandung

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro Burhan.2010.Sastra Anak.Gadjah Mada University Press:Yogyakarta.

Parminah.Sejarah Mrapen yang dibaca dari buku Majapahit.

Priyanto Rahmat.2018.Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip.Jurnal ABDIMAS BSI.Vol 1 No 1.Hal 32-38 DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/g3k48

Rahmanto, B. & B. Kaswanti Purwo. 1999. Sastra Lihan: Pemahaman dan Interpretasi (Pilihan Karangan dalam Basis 1987-1995). Jakarta: Mega Media Abadi.

Rampan, Korrie Layun. 2014. Teknik Menulis Cerita Rakyat. Bandung: Yrama Widya.

Santoso Ismanto.2012.Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kinerja Ekonomi Nasional dan Kemiskinan.Equilibrium.Vol 10 No 1.Hal 71-96.

Sapriya.2011.Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajarannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sims, Martha C. & Martine Stephens. 2005. Living Folklore: An Introduction to the Study of People and Their Traditions. Logan Utah: Utah State University Press.

Soelarno.1978.Riwayat Hidup Sunan Kalijaga.Penerbit Trah Keluarga Kadilangu.

Soetarno. 2008. Peristiwa Sastra Melayu Lama. Surakarta: Widya Duta Grafika.

Spilane, James J.1987.Ekonomi Pariwisata, Sejarah, & Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. Algensindo

Sudjiman, Panuti. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.

Sugeng Haryadi.1996.Api Abadi Mrapen.Penerbit CV.MEGA BERLIAN

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Kualitatif.ALFABETA:Bandung.

Sutiyah.2003.Situs Sangiran sebagai Sumber Belajar dan Pengembangan Materi Pembelajaran Sejarah Menyongsong Kurikulum Berbasis Kompetensi. Historika Volume I, No. 1.Jurnal Ilmiah Surakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah. Program Pasca sarjana Universitas Negeri Surakarta.

Timbul Haryono. 1984.Artifak Kualitas dan Validitasnya sebagai Data Arkeologi dalam Artifak No. 1 / 1. Yogyakarta: Jur. Arkeologi UGM.

Tsabit, Dedi.2020.Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Video Pembelajaran IPS Sistem Daring Di Kelas IV.3 SDN PAKUJAJAR CBM.Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.Vol.V No 1.Hal 75-89. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2917

Diterbitkan

2022-01-02

Cara Mengutip

Dewi, C. K., Ismaya, E. A., & Purbasari, I. (2022). Pemanfaatan Wisata Api Abadi Mrapen sebagai Edukasi Wisata Bersejarah bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 64–71. https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.38341

Terbitan

Bagian

Articles