Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.56008Kata Kunci:
Discovery Learning, Tri Hita Karana, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstrak
Kehidupan sehari-hari sering ditemui bahwa rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang dipelajarinya sangatlah kurang, sehingga menyebabkan rendahnya kompetensi pengetahuan siswa itu sendiri. Rendahnya komptensi pengetahuan siswa tentu sangat berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis Tri Hita Karana (THK) terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent pretest posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah 210 siswa, dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes jenis pilihan ganda biasa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik inferensial teknik uji-t separated varians. Hasil analisis data diperoleh thitung sama dengan 6,484 lebih dari ttabel sama dengan 2,002 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis THK berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapak secara berkelanjutan model pembelajaran yang inovatif discovery learning berbasis THK sehingga berdampak positif yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa.
Referensi
Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312. DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312
Agung, Anak Agung Gede. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, Anak Anak Gede, Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan: Digitalisasi dan Aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha.
Ami, M. S., & Damayanti, P. (2021). Ilmu Alamiah Dasar (A. Ariyanto (ed.)). CV Literasi Nusantara Abadi.
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Ariasanti, D., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 113. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.113353. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.113353
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (R. Damayanti (ed.)). PT Bumi Aksara.
Artini, N. P. Y., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisuda. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8623.
Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 171–180. http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/5187/3505. DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.5187
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Candra, Sujana, S., & Ardana. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10655.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8
Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859
Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497
Drs. I Wayan Sujana, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10655.
Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.
Gani, R. A., Anwar, W. S., & Aditiya, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 54–59. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v4i1.3192. DOI: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3192
Hadi, W. P., Munawaroh, F., Rosidi, F., & Wardani, W. K. (2020). Penerapan Model Discovery learning Berpendekatan Etnosains untuk Mengetahui Profil Literasi Sains Siswa SMP. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 4(2), 178–192. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.15771. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.15771
Hanafi, H. (2016). The Effect of Discovery learning Method Application on Increasing Students’ Listening Outcome and Social Attitude. Dinamika Ilmu, 16(2), 291. https://doi.org/10.21093/di.v16i2.552. DOI: https://doi.org/10.21093/di.v16i2.552
Karjiyati, V. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 146–154. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.146-154. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.146-154
Karmini, N. W., Yudari, A. A. K. S., Suasthi, I. G. A., Hadriani, N. L. G., & Setini, M. (2021). Model of Humanism Education based on Local Wisdom in Elementary School in Bali. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2), 1056–1063. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211150. DOI: https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211150
Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. CV Pustaka Setia.
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 2(1), 306–312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Mulyono, H., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital (Tanti (ed.)). Gawe Buku.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (M. Taufik (ed.)). PT. Panca Terra Firma.
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Parmajaya, I. P. G. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Para Siswa Hindu. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama & Budaya, 11–17. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.368
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Deepublish.
Putra, L. V. (2021). Media Ultanum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN Susukan 04. Penerbit Lakeisha.
Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055
Ramadhani, R. H. D., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Sikap Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804
Sari, N. L. M. D. A., & Wulandari, G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 971–981. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366.
Sedana, Suwatra, & Suranata. (2013). Pengaruh Model CTL Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Gugus I Kecamatan Buleleng. MIimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.839.
Setyawati, N. K., Japa, I. G. N., & Gading., I. K. (2022). Media Video Pembelajaran Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 490–501. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468
Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279.
Suputra, I. G. M. A., & Sujana, I. W. (2021). Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Tri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 113–121. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764
Wahyu, N. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Nilai Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD N Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan. Undiksha Repository.
Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21 – 26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.73. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.62
Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13894
Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi.
Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Azizah, A., Lufri, L., Andromeda, A., & Guspatni, G. (2019). Effectiveness of acid-base modules based on guided discovery learning for increasing critical thinking skills and learning outcomes of senior high school student. In Journal of Physics: Conference Series, 1185(1), 012151. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012151. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012151
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228
Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Kencana.