Profil Bahasa Bali Masyarakat Tutur Muslim Pegayaman Dan Implikasi Pengajarannya di Sekolah

Authors

  • I Nyoman Adi Jaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i1%20Apr.1722

Abstract

Penelitian yang dilakukan di masyarakat tutur Muslim Pegayaman ini adalah penelitian kebahasaan yang memfokuskan kajian pada dua aspek mikro dari Bahasa Bali (BB) yang mereka gunakan. Kedua aspek bahasa yang dimaksud meliputi aspek fonologi dan aspek morfologi. Pada aspek fonologi ditemukan sejumlah proses fonologis, yang meliputi: degeminasi, homorganik, harmonisasi suara vokal, alternasi suara konsonan, pelesapan suara konsonan, penyisipan vokal atau konsonan, dan variasi pelafalan fonem /f/ dan /p/. Sedangkan pada aspek morfologi di-temukan adanya penambahan afiksasi (inklusif awalan, sisipan, akhiran, dan konfiks) kepada bentukan-bentukan dasar yang khas Pegayaman. Terkait temuan-temuan ini, dalam mengajarkan BB di Sekolah Dasar maupun di Madrasah Ibtidaiyah, sebagai tempat pendidikan formal pertama di mana BB diajarkan sebagai muatan lokal, guru-guru Bahasa Bali diharapkan lebih luwes dengan tetap mengedepankan pentingnya mengajarkan kaidah-kaidah BB yang dibakukan. Dengan singkat, para guru Bahasa Bali yang bertugas di Pegayaman hendaknya memahami dengan baik dan mengajarkan language usage dan language use secara proporsional.

Kata kunci: aspek fonologi, aspek morfologi, Bahasa Bali, masyarakat tutur, Pegayaman

Downloads

Published

2009-04-30

How to Cite

Putra, I. N. A. J. (2009). Profil Bahasa Bali Masyarakat Tutur Muslim Pegayaman Dan Implikasi Pengajarannya di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i1 Apr.1722

Issue

Section

Articles