Misconceptions about Science Learning Materials of Class V in Elementary Schools Using A Diagnostic Instrument of Four-Tier Multiple Choice
Kata Kunci:
Misconceptions, Natural Science Materials, Heat and Its TransferAbstrak
Sistem pendidikan Indonesia saat ini memerlukan penilaian terhadap peserta didik secara menyeluruh yang terangkum dalam tiga aspek besar, yaitu kognitif, psikomotorik, dan efektif. Penilaian dilakukan dalam rangka mengukur ketercapaian indikator pembelajaran yang diharapkan dan mengetahui kesulitan belajar. Kesulitan belajar dan miskonsepsi siswa harus diketahui oleh guru agar dapat diambil langkah yang tepat untuk mengatasinya], salah satunya dengan melakukan tes diagnostik. Penelitian bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi materi IPA pada tema VI panas dan perpindahannya kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa tes diagnostik four-tier dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Krasak Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik memiliki rata-rata sebesar 29,33% dengan kategori rendah. Miskonsepsi terendah dengan persentase 23,32% terdapat pada subkonsep konduktor dan isolator. Miskonsepsi tertinggi terletak pada subkonsep perbedaan suhu dan panas dengan persentase 36,65%. Faktor penyebab miskonsepsi pada peserta didik berasal dari prakonsepsi yang salah, minat belajar rendah dan reasoning tidak sesuai.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Idam Ragil Widianto Atmojo, Dwi Yuniasih Saputri, Alfianita Nur Fadhilah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)