TPACK Based on PjBL Preservice Teachers’s Skill in Developing Digital Economics Teaching Material
Kata Kunci:
Skill, Learning, Project, Material, EconomicsAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas guru dan calon guru dalam menyusun perangkat pembelajaran digital dalam kurikulum merdeka. Kesulitan ini mengakibatkan lemahnya pencapaian tujuan pembelajaran dan inefisiensi proses pembelajaran, maka perlu upaya peningkatan keterampilan mengembangkan perangkat pembelajaran bagi calon guru. Upaya yang dilakukan adalah mengimplementasikan pembelajaran tentang pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis Technology, Pedagogy and content Knowledge. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas metode dalam meningkatkan keterampilan mengembangkan perangkat pembelajaran digital dalam kurikulum merdeka. Perenelitian ini dilakukan pendekatan kuantitatif, desain experimen quasi experiment nonequivalent control group design, dengan subjek penelitian adalah calon guru berjumlah 90 orang pada perguruan tinggi Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan. Hasil penelitian ini menyatakan terjadi peningkatan keterampilan pengembangan modul ajar, media digital, bahan ajar dan penyusunan evaluasi dalam pembelajaran digital. Dibanding keterampilan lain, metode ini mampu mengembangkan media pembelajaran digital relatif lebih tinggi.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Susanti Kurniawati, Hamdan Ardiansyah , Ardika Sulaeman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)