Development Of Innovative Diorama Learning Media To Improve Student Learning Outcomes In Class IV Science And Science Subject
Kata Kunci:
Learnning Media, Innovative Dioramas, IPAS, Learning OutcomesAbstrak
Guru masih terbatas dalam penggunaan media pembelajaran benda konkret pada mata pelajaran IPAS sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran diorama inovatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman budaaya Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model Borgh and Gall. Subjek penelitian yaitu ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran, dan guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Metode Pengumpulan data adalah metode wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu validasi ahli materi dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji t yaitu menggunakan uji paired sample t-test pada skala besar dan skala kecil menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan setelah digunakan media diorama. Berdasarkan hasil uji N-gain pada skala kecil yaitu 88 (tinggi) dan pada skala besar yaitu 70 (sedang) yang berarti terdapat peningkatan nilai antara prettest dan posttest. Disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran diorama inovatif mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dwi Asih Fitriyani, Sri Sami Asih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)