Development Of Innovative Diorama Learning Media To Improve Student Learning Outcomes In Class IV Science And Science Subject

Penulis

  • Dwi Asih Fitriyani Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Kata Kunci:

Learnning Media, Innovative Dioramas, IPAS, Learning Outcomes

Abstrak

Guru masih terbatas dalam penggunaan media pembelajaran benda konkret pada mata pelajaran IPAS sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran diorama inovatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman budaaya Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model Borgh and Gall. Subjek penelitian yaitu ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran, dan guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Metode Pengumpulan data adalah metode wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu validasi ahli materi dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji t yaitu menggunakan uji paired sample t-test pada skala besar dan skala kecil menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan setelah digunakan media diorama. Berdasarkan hasil uji N-gain pada skala kecil yaitu 88 (tinggi) dan pada skala besar yaitu 70 (sedang) yang berarti terdapat peningkatan nilai antara prettest dan posttest. Disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran diorama inovatif mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.

Diterbitkan

2024-08-24

Cara Mengutip

Dwi Asih Fitriyani. (2024). Development Of Innovative Diorama Learning Media To Improve Student Learning Outcomes In Class IV Science And Science Subject. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JPP/article/view/77681

Terbitan

Bagian

Articles