Moving Image Learning Integrated Problem-Based Interactive Media to Improve Students' Critical Thinking
Kata Kunci:
Media, Interactive, Video, Problem-based learning, Digital, Vocational High SchoolAbstrak
Potensi yang sangat besar dari penggunaan bahan ajar digital dalam format media interaktif menjadi solusi yang menjanjikan untuk meningkatkan skill abad ke – 21 bagi para siswa sekolah menengah kejuruan. Selain itu, bahan ajar interaktif dapat diintegrasikan dengan berbagai pendekatan, misalnya pendekatan berbasis masalah, agar tercipta proses belajar yang benar – benar menyerupai kehidupan sehari – hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah kejuruan. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Alessi & Trollip, subjek meliputi ahli media, materi, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket, dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji alpha menunjukkan media interaktif mendapat penilaian "Sangat Baik" dari ahli dan praktisi dengan rata-rata 90,7%, dan siswa menilai 90,2%. Uji keefektifan menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimen 86,73, lebih tinggi dari kelas kontrol, menandakan media ini efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Kesimpulannya, media interaktif berbasis masalah terbukti layak dan efektif untuk pembelajaran Cahaya Gambar Bergerak di SMK
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fahreza Aulia Muhammad, Sudiyanto, Deny Tri Ardianto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)