Classroom Management Skills Increase Interest and Learning Outcomes in Pancasila Education for Fourth Grade Elementary School Students
Kata Kunci:
Class Management Skills, Interest in Learning, Learning ResultAbstrak
Dalam kegiatan pembelajaran sering ditemukan siswa yang kurang minat dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran, guru perlu memiliki kemampuan mengelola kelas dengan efektif. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode penelitian pada desain penelitian kuantitatif yang digunakan yaitu metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD yang berjumlah 128 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu instrumen wawancara, instrumen minat belajar, dan instrumen dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian yaitu keterampilan mengelola kelas memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar pendidikan pancasila siswa. Disimpulkan bahwa Keterampilan Mengelola Kelas berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di sekolah dasar.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tarissa Destriana Putri, Tri Astuti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)