Classroom Management Skills Increase Interest and Learning Outcomes in Pancasila Education for Fourth Grade Elementary School Students

Penulis

  • Tarissa Destriana Putri Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Tri Astuti Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Kata Kunci:

Class Management Skills, Interest in Learning, Learning Result

Abstrak

Dalam kegiatan pembelajaran sering ditemukan siswa yang kurang minat dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran, guru perlu memiliki kemampuan mengelola kelas dengan efektif. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode penelitian pada desain penelitian kuantitatif yang digunakan yaitu metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD yang berjumlah 128 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu instrumen wawancara, instrumen minat belajar, dan instrumen dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik  inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian yaitu keterampilan mengelola kelas memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar pendidikan pancasila siswa. Disimpulkan bahwa Keterampilan Mengelola Kelas berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Putri, T. D., & Astuti, T. (2024). Classroom Management Skills Increase Interest and Learning Outcomes in Pancasila Education for Fourth Grade Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JPP/article/view/79915

Terbitan

Bagian

Articles