Transformasi Sikap dan Pemahaman Guru terhadap Siswa Disabilitas Melalui Pelatihan Pendidikan Inklusi
Kata Kunci:
Disabilitas, Pengetahuan, Pendidikan inklusi, SikapAbstrak
Pendidikan inklusi diselenggarakan agar seluruh anak memperoleh kesempatan dan layanan pendidikan yang bermutu termasuk anak disabilitas. Namun, penyelenggaraan pendidikan inklusi memunculkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah guru yang tidak mengerti dengan pendidikan inklusi dan disabilitas. Pengetahuan dan sikap guru dalam mengajar siswa disabilitas menjadi salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh guru di sekolah inklusi sehingga mereka mampu menerima siswa disabilitas dan mengelola kelas dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pelatihan pendidikan inklusi dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap guru dalam mengajar siswa disabilitas. Metodologi dalam penelitian menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design dengan jumlah sampel sebanyak 19 orang guru. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi pengetahuan guru sebesar 0.049 (p<0.05) dan sikap guru sebesar 0.014 (p<0.05) yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap guru terhadap siswa disabilitas sebelum dan setelah diberikan pelatihan pendidikan inklusi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pendidikan inklusi dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap positif guru dalam mengajar siswa disabilitas.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Meta Silfia Novembli, Nisaul Hasanah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)