Transformasi Sikap dan Pemahaman Guru terhadap Siswa Disabilitas Melalui Pelatihan Pendidikan Inklusi

Penulis

Kata Kunci:

Disabilitas, Pengetahuan, Pendidikan inklusi, Sikap

Abstrak

Pendidikan inklusi diselenggarakan agar seluruh anak memperoleh kesempatan dan layanan pendidikan yang bermutu termasuk anak disabilitas. Namun, penyelenggaraan pendidikan inklusi memunculkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah guru yang tidak mengerti dengan pendidikan inklusi dan disabilitas. Pengetahuan dan sikap guru dalam mengajar siswa disabilitas menjadi salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh guru di sekolah inklusi sehingga mereka mampu menerima siswa disabilitas dan mengelola kelas dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pelatihan pendidikan inklusi dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap guru dalam mengajar siswa disabilitas. Metodologi dalam penelitian menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design dengan jumlah sampel sebanyak 19 orang guru. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi pengetahuan guru sebesar 0.049 (p<0.05) dan sikap guru sebesar 0.014 (p<0.05) yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap guru terhadap siswa disabilitas sebelum dan setelah diberikan pelatihan pendidikan inklusi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pendidikan inklusi dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap positif guru dalam mengajar siswa disabilitas.

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Novembli, M. S., & Hasanah, N. . (2024). Transformasi Sikap dan Pemahaman Guru terhadap Siswa Disabilitas Melalui Pelatihan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JPP/article/view/79964

Terbitan

Bagian

Articles