Media Smart Box Inovatif Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran PPKN Kelas III Sekolah Dasar

Penulis

  • Fakhriah Humairoh Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sri Sami Asih Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Smart Box Inovatif, Hasil Belajar, PPKN

Abstrak

Dalam pembelajaran siswa cenderung pasif karena guru kurang mengembangkan media yang inovatif, sehingga hasil belajar rendah. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media smart box inovatif pada muatan pelajaran PPKn materi arti gambar pada lambang negara garuda Pancasila. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borgh and Gall. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran dan 1 guru. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 sebagai populasi penelitian. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media smart box inovatif mendapatkan kategori sangat layak dari ahli validasi media dan ahli validas materi. Berdasarkan hasil uji peered sample t-test pada skala besar dan skala kecil menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan setelah digunakan media smart box inovatif. Berdasarkan hasil uji N-gain pada skala kecil maupun skala besar terdapat peningkatan nilai antara pretest dan posttest . Dapat disimpulkan, media pembelajaran smart box inovatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn .

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Humairoh, F., & Sri Sami Asih. (2024). Media Smart Box Inovatif Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran PPKN Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JPP/article/view/80796

Terbitan

Bagian

Articles