Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Apresiasi Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar
Kata Kunci:
dan respon siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap apresiasi siswa terhadap pembelajaran bercerita di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas III berusia 11 hingga 12 tahun dalam 12 sesi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen one-group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis melalui tiga tahap: pengelolaan data, analisis statistik, dan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari rata-rata skor pretest sebesar 52,03 menjadi rata-rata skor posttest sebesar 79,44 setelah dilakukan treatment menggunakan media Powtoon. Analisis inferensial dengan uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, dengan nilai t hitung sebesar -8,859 dan nilai t kritis sebesar 1,705 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan penolakan terhadap hipotesis nol (H0) dan diterimanya hipotesis alternatif (H1) yang menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video animasi berbasis powtoon terhadap apresiasi siswa dalam bercerita pada siswa kelas III SD Inpres Malengkeri II Kota Makassar. Oleh karena itu, kesimpulan yang diambil adalah aplikasi Powtoon berpotensi sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat dan keterampilan siswa pada pendidikan sastra. Temuan ini memberikan landasan yang kuat bagi pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan dan mendorong pengembangan metode pengajaran yang inovatif dan berwawasan luas untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik bagi siswa.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Haslinda Haslinda, Oki Harianto, AW
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)