Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Apresiasi Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Oki Harianto Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Abdul Wahid Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia

Kata Kunci:

dan respon siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap apresiasi siswa terhadap pembelajaran bercerita di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas III berusia 11 hingga 12 tahun dalam 12 sesi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen one-group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis melalui tiga tahap: pengelolaan data, analisis statistik, dan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari rata-rata skor pretest sebesar 52,03 menjadi rata-rata skor posttest sebesar 79,44 setelah dilakukan treatment menggunakan media Powtoon. Analisis inferensial dengan uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, dengan nilai t hitung sebesar -8,859 dan nilai t kritis sebesar 1,705 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan penolakan terhadap hipotesis nol (H0) dan diterimanya hipotesis alternatif (H1) yang menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video animasi berbasis powtoon terhadap apresiasi siswa dalam bercerita pada siswa kelas III SD Inpres Malengkeri II Kota Makassar. Oleh karena itu, kesimpulan yang diambil adalah aplikasi Powtoon berpotensi sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat dan keterampilan siswa pada pendidikan sastra. Temuan ini memberikan landasan yang kuat bagi pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan dan mendorong pengembangan metode pengajaran yang inovatif dan berwawasan luas untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik bagi siswa.

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Haslinda, Harianto, O. ., & Wahid, A. . (2024). Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Apresiasi Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JPP/article/view/81628

Terbitan

Bagian

Articles