Mind Mapping in A Problem-Based Learning Model to Improve Students' Creative Thinking Skills
Kata Kunci:
Mind Mapping, Creative Thinking, Problem Based LearningAbstrak
Rendahnya kemampuan kreatif berpikir siswa dalam menganalisa isu permasalahan dan minimnya penerapan strategi pembelajaran pada model problem based learning sehingga menyebabkan capaian pembelajaran kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan penelitian one grup pre-test – post-test design. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI pada SMP 3 Satap Kabila Bone , Bone Bolango. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan instrumen tes uraian yang diberikan ke siswa di awal pembealajaran dan juga di akhir pembelajaran. Analisis data berdasarkan hasil rata-rata nilai pre-test – post-test, hasil uji normalitas, uji homogenitas serta uji one sample T-Test dengan menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik mind mapping dalam model pembelajaran problem based learning membantu siswa untuk memahami konsep-materi, mengasah kemampuan berpikir kritis, serta meningkatkan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ardiansyah, Yulianti Toralawe, Imam Prawiranegara Gani, Nurul Maulida Alwi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)