PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU TIPE CONNECTED PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Y.G. Tanesib Universitas Nusa Cendana
  • K.A. Astiti Universitas Nusa Cendana
  • A.S. Hali Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54705

Keywords:

Bahan Ajar; Keterpaduan Connected; Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah pengembangan bahan ajar IPA Terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi dan untuk mengetahui kelayakan  bahan ajar IPA Terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan model Four D. Hasil validasi dari validator materi memperoleh presentase 93,53 %, hasil validasi dari validator media memperoleh presentase 82,81 %, dan hasil validasi dari praktisi memperoleh presentase 98,78 %. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu khusunya pada materi pencemaran lingkungan. Hasil uji kelayakan oleh siswa SMP Negeri 15 Kota Kupang memperoleh presentase 86,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah untuk mengembangkan bahan ajar meliputi 4 tahapan yaitu definisi, perancangan, pengembangan dan desiminasi serta bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu SMP kelas VII khususnya pada materi pencemaran lingkungan.

References

Depdiknas. 2006. Tujuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Depdiknas.

Dewi Laksmi, dkk. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Hernawan Asep. 2005. Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka

Ibrahim Muslimin, dkk. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Berorientasi Inkuiri Pada Tema Mikroba Dalam Lingkungan Untuk SMP Kelas VIII. PENSA E-Jurnal

Kalendiwau Adi J. W. 2020. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Zat dan Karakteristiknya. Kupang: Universitas Nusa Cendana

Maryam Atik Siti. 2021. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Diambil dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id

Novi Resmini, dkk. 2010. Konsep Dasar Dan Model-model Pembelajaran Terpadu. PDGK4205/Modul 1

Pujayanto, dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas Untuk SMP Kelas VIII Dengan Tema Ekosistem Air tawar. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Vol. 3 No. 1

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani

Downloads

Published

2022-12-31