PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA SEKAA TRUNA TRUNI PARA GOTRA SENTANA DALEM TARUKAN (STT PGSDT) SEBAGAI MODEL INTERAKSI BERBASIS IT DI BANJAR DINAS MELAKA BULELENG, BALI

Penulis

  • Gede Wiga Anggara Ariasa Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Sutha Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i2.28057

Abstrak

Abstrak
Media sosial merupakan media online dengan para penggunanya mudah berinteraksi dalam dunia virtual (dunia maya). Zaman semakin berkembang dengan terciptanya media sosial, yang memudahkan masyarakat berkomunikasi tanpa terhalang jarak dan waktu. Media sosial saat menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat, karena tanpa adanya media sosial, masyarakat tidak bisa mengetahui berita dan informasi yang terbaru. Media sosial memiliki beberapa fungsi yaitu digunakan dalam bisnis, hiburan dan termasuk juga dalam organisasi kepemudaan. Organisasi kepemudaan merupakan lembaga yang menghimpun segenap potensi anak muda yang akan mendidik mereka dengan tujuan menjadi berguna dalam kehidupan bermasyarakat. Organisasi kepemudaan berdiri bersama dengan visi, misi dan beberapa aturan yang mengikat para anggotanya. Organisasi kepemudaan menggunakan media sosial sebagai alat bantu komunikasi dengan tujuan mempermudah komunikasi yang dilakukan oleh para anggota organisasi. Para anggota yang mayoritas sudah mempunyai sosial media akan dengan cepatnya mendapatkan informasi terkait dengan kegiatan di organisasi.
Kata Kunci : Media Sosial, Organisasi Kepemudaan, Interaksi Sosial

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abraham.Firda 2016 Pemanfaatan Media Online Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat Diakses pada 23 mei 2019

Aingindra. (2009). Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi, online, (http://www.aingindra.com/teknologikomunikasi.html,diakses pada 28 Maret 2016).Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori Paradigma dan Diskursus Komunikasi di Masyarakat. Surabaya: Kencana.

Budiman. 2016. Makalah Pengaruh Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat.http:// www.c3budiman.lol/2016/06/14/makalah-pengaruh-sosial-media-terhadap-interaksisosial-masyarakat/?i=1 (diakses 27 Mei 2019, 15:44 WIB).Cendektiawan B. Aziz. 2015 Efektifitas Penggunaan Sosial Media Twitter Sebagai Media Promosi Kesehatan (Analisis Epic Model Pada Follower Twitter @Infoimunisasi Pt. Biofarma (Persero). Yogyakarta: Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta (diakses 27 Mei 2019)

Dewi Nintya Dsk Putu. 2016. Peran Sekaa Teruna Dalam Mensosialisasikan Nilai-Nilai Akuntabilitas Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana (Studi Kasus Pada Sekaa Teruna Taruna Jaya Desa Pakraman Bangkang Baktiseraga Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Provinsi Bali Tahun 2016). Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha (diakses 27 Mei 2019)Doyle Paul Johnson. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia. Eko Murdiyanto. 2008. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Wimaya PressUPN Veteran

Efendi. Agus dkk. Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Diakses Pada 23 Mei 2019Jamaludin Nasrullah. 2015. Sosiologi Perdesaan: Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah E. Radja.2015. Penggunaan Media Sosial Di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan Wacana Volume XIV No.1, Cahyono S. Anang “Pengaruh Media Sosialterhadap Perubahan Sosialmasyarakat Di Indonesia” Hlm 142-152 (diakses 27 Mei 2019)Istiyanto, S.B. Telepon Genggam Dan Perubahan Sosial Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi Dan Informasi Bagi Anak-Anak Di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas.Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (2016).1:58–63.

Mahendra T. Ikhsan. 2017. Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Usia 12-17 Tahun di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Jakarta: Universitas Islam Syarif Hidayatulah (diakses 27 Mei 2019)Maltida, 2018. Kecanduan Media Sosial dengan Kualitas Komukasi Interpersonal Pada Usia Dewasa Awal. Diakses pada 23 Mei 2019

Narwoko, J. Dwi & Suyanto, Bagong. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan,

Jakarta: Prenada Media.

Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba HumanikaPescosolido, Bernice A, (2006). The Sociology of Social Networks, 21st Century Sociology. Sage Publication 2011

Rusmana, 2015. Penipuan Interaksi Melalui Sosial Media. Jurnal Kajian Informasi &

Perpustakaan Vol.3/No.2, Desember 2015, hlm. 187-194

Soekanto, Soerjono. 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soerjono & Sulisttyowati Budi. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sunarto, Kamanto. 1993. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi UI.Sinaga H. Dina. 2016. Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Perilaku

Komunikasi (Studi Korelasional Mengenai Pengaruh Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Instagram dan Path Terhadap Perilaku Komunikasi Mahasiswa FISIP USU Angkatan 2016) Medan: Universitas Sumatera Utara (diakses 27 Mei 2019)

Timbowo, Deify. 2016. Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi. Universitas Sam Ratulangi, online, (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/viewFile/11719/11312.(diakses 24 Mei 2019).Rahayuni Gst. dkk. 2015 Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap InteraksiSosial Pada Sekaa Teruna Desa Adat Kuta, Badung, Bali. Diakses pada 23 Mei 2019Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Sekretariat Indonesia. Jakarta.

Diterbitkan

2020-09-23