IMPLEMENTASI GURU SOSIOLOGI DALAM MENGATASI BULLYING PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 11 KABUPATEN TANGERANG
Kata Kunci:
Bullying, Peran Guru Sosiologi, Sekolah Menengah AtasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis peran guru Sosiologi dalam mengatasi kasus bullying SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang tujuan lain adalah untuk menyediakan Wawasan yang mendalam tentang pendekatan yang efektif dalam menangani Masalah bullying di lingkungan sekolah. Peneliti Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman individu dan konteks sosial di mana bullying terjadi. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam dinamika interaksi sosial dan faktor- faktor yang mempengaruhi tindakan individu dan kelompok dalam konteks spesifik. Hasil penelitian ini Menunjukkan bahwa implementasi guru sosiologi memiliki peran penting dalam mengatasi kasus bullying di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Guru sosiologi menggunakan pendekatan yang holistik dan berbasis pada pemahaman tentang dinamika sosial di antara peserta didik untuk mencegah dan menangani Kasus bullying.
Referensi
Adiwijaya, S., Harefa, A. T., Isnaini, S., Raehana, S., Marhardika, B., Laksono, R.d., & Muslim, F. 2024. Buku Ajar Metode penelitian Kualitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Agustin, R., Naim, M., & Kuntari, S. 2023. Kontrol Sosial Guru Terhadap Kenakalan Remaja di SMA Negeri Banjarsari Kabupaten Lebak. Innovative: Journal Of Social Reseach, 3(6), 4076-4088.
Andryawan, A., Laurencia, C., & Putri, M.P. 2023. Peran Guru Dalam Mencegah Dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) Di Lingkungan Sekolah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837-2850.
Choirunnisa, C., & Kudus,W. A. 2022. Dampak Bullying terhadap Psikologis remaja di kecamatan rangkasbitung. ARZUSIN, 2(3), 205-218.
Haslan, M. M., Sawaludin, S., & Fauzan, A. 2022. Faktor-Faktor Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Perundungan (Bullying) Pada Siswa Smpn Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengembangan-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 24-29.
Halimatusya’diah, S. 2024. UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING SECARA VERBAL DAN NON VERBAL PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 6 KOTA BEKASI (Doctoral dissertation, Universitas Islam 45).
Khairunnisa, N., & Taufik, T. 2023. Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Siswa Korban Bullying. Current Issues In Counseling, 3(1), 112-120.
Nurussama, A. 2019. Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Siswa. BASIC EDUCATION, 8(5), 510-520.
Silawati, S., & Hidayati., D. 2024. Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Masalah Bullying Di Madrasah Ibtidaiyah. Academy of Education Journal, 15(1), 753-764.
Widiansyah, S., Ambarwati, T., Amalia, S., Fauziah, D. A., Mahmudah, M., & Fitriyani, A. 2023. Antisipasi Kenakalan Remaja Melalui Sosialisasi Pencegahan Perilaku Menyimpang di SMAN 3 Kota Serang. Innovative: Journal Of Social Science Reseach, 3(5), 7749-7758.
Widiansyah, S., & Tesniyadi, D. 2023. PERAN SEKOLAH DALAM MENANGGULANGI PERILAKU KENAKALAN REMAJA DI SMK TERPADU BISMILLAH KECAMATAN PADARINCANG KABUPATEN SERANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5). 1700-1712.
Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. 2021. Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157-166.
Yasmin, V.A., & Zulherawan, M. 2024. PERANAN SEKOLAH DALAM UPAYA PENANGGULANGAN BULLYING (Studi Kasus Pada SMPN X Indragiri Hulu). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1469-1479.