Design of Central Java Virtual Tour Technology Application to Improve Digital Literacy of Teachers and Students About Edu-tourism

Penulis

  • Maryanto Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Achmad Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Utvi Hinda Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Muh Isna Nurdin Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

Kata Kunci:

Virtual Reality, aplikasi, eduwisata, 3D, pendidikan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi eduwisata berbasis virtual tour yang dikemas dengan aplikasi virtual reality untuk meningkatkan literasi guru dan siswa. Selain itu pengunjung sebelum mengunjungi objek wisata yang dituju akan mendapatkan informasi lengkap berupa objek 3D yang menarik. Model penelitian menggunakan model desain penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil angket respon siswa terkait penilaian pengembangan desain aplikasi teknologi virtual tour, pada aspek media diperoleh skor sebesar 84,47%, aspek materi sebesar 84,24%, aspek pembahasan dan tampilan sebesar 84,86%. Hasil data angket guru dari 25 (dua puluh lima) orang guru. Hasil angket respon guru terkait penilaian pengembangan desain aplikasi teknologi virtual tour, pada aspek media diperoleh skor sebesar 92,20%, aspek materi 88,40%, aspek pembahasan dan penampilan 89,76%. Untuk peningkatan literasi siswa terkait eduwisata di Provinsi Jawa Tengah meningkat sebesar 23% setelah menggunakan media pembelajaran aplikasi virtual tour eduwisata.

Diterbitkan

2024-10-04

Cara Mengutip

Maryanto, Achmad, Utvi Hinda, & Muh Isna Nurdin. (2024). Design of Central Java Virtual Tour Technology Application to Improve Digital Literacy of Teachers and Students About Edu-tourism. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 13(2). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JST/article/view/83962

Terbitan

Bagian

Articles