The Influence of the Ice Breaking Technique in Learning on the Learning Motivation

Authors

  • Widya Masitah Islamic Education Departement, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Melyani Sari Sitepu Elementary School Teacher EducationDepartment, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Mitha Hidayati Elementary School Teacher EducationDepartment, Tadulako University, Palu, Indonesia
  • Sarintan N Kaharu Elementary School Teacher EducationDepartment, Tadulako University, Palu, Indonesia

Keywords:

Teknik Ice Breaking, Motivasi Belajar, Pelajaran Tematik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik Ice Breaking dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Penelitian ini di latar belakangi pentingnya motivasi belajar siswa saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Sempel yang digunakan yaitu kelas V SD Inpres 15 Wara Pantoloan yang berjumlah 21 siswa. Teknik Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu 76,38 dan nilai rata-rata post-test taitu 92,38. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh penerapan teknik ice breaking dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji paired sempel t test pada taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh nilai singnifikan 0.000. karena nilai signifikan T-test < 0.05 (0.000 < 0.05) maka Ha diterima dan Ho di tolak.

References

Anggraini, R. (2018). Pengaruh Teknik Pembelajaranice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Pada 1. Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Mi Masyariqul Anwar 4 Suka Bumi Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Azizah, A., & Fatimah, N. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas v Sdn Kapopo. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 9-17.

Aziz, F. (2019). Pengaruh Permainan Ice Breaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Kelas Vii Smp Negeri 5 Kota Bengkulu (Doctoral Dissertation, Iain Bengkulu).

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Faijin, F., Nurmaya, A., & Muhamadiah, M. (2021). Efektivitas Penerapan Ice Breaking Untuk Mengatasi Kejenuhan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bk Kelompok. Guiding World: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1-10.

Jatmiko, R. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Dan Prakarya (Sbdp) Siswa Kelas Ii Sd Tarbiyatul Islam Desa Kertosari Kec. Babadan Kab. Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Kusumo Suryoharjuno, (2017). 100+Ice Breaker Penyemangat Belajar( Cv. Imam Nafia : 2017)

Mahzum, z. a. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compisition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Di Sd 4 Palu. Skripsi.

Nureni.St.2022 Penerapan Model Quantum Learning Strategi Tandur Untuk Meningkatkan Mo- Tivasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 191 Salampe Kecamatan Ponre Kabupaten Bone). Makassar : Unm Press.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232.

Pipit Putri Hariani MD. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.2324

Putri, C. Y. (2022). Penggunaan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas Iii Tema 8 Praja Muda Karana Sub Tema 1 Aku Anggota Pramuka Di Sdn 255 Griya Bumi Antapani Kota Bandung Tahun Ajaran 2021/2022) (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Rahmawati, D. A. (2014). Perbandingan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Dilihat Dari Kebiasaan Makan Pagi. Belia: Early Childhood Education Papers, 3(1).

Sari, M., Sitepu, M. S., Azizah, A., & ... (2022). The Effect of Offline Assisted Learning Serli Practicum Module on Solar System Materials on Student Learning Motivation. Nazhruna: Jurnal …, 5(2), 806–815. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/2193

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Penerbit Cv. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48-61.

Suhartono, I. B. (2016). Penerapan Ice Breaking Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas Iv Sdn Mulyorejo Ii Ngantang (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Tamamala, S., Setiawan, A., & Nursalim, N. (2020). The Implementation Of Ice Breaking To Increase Students Motivation In English Learning At Yamueti Kokoda. Interaction: Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 53-62.

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 2(1), 73-85.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Widya Masitah, Sitepu, M. S., Hidayati, M. ., & Kaharu, S. N. . (2024). The Influence of the Ice Breaking Technique in Learning on the Learning Motivation . Journal of Psychology and Instruction, 8(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JoPaI/article/view/79474

Issue

Section

Articles