Pengaruh Metode Outdoor Study Berbasis Subak Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Sosial Dan Sikap Ekologis Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap sosial dan sikap ekologis siswa kelas V sekolah dasar di gugus VIII kecamatan Abiansemal kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu/quasy eskperimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di gugus VIII Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung yang berjumlah 199 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode outdoor study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap sosial siswa, 2) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode outdoor study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap ekologis siswa, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode outdoor study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap sosial dan sikap ekologis siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Afandi. (2013). Model-model Pembelajaran. Semarang: Sultan Agung Press.
Ahmadi, A. (2002). Psikologi Sosial, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Amalia, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, 2(1).
Cantika, K. (1985). Pengelolaan Air Subak di Bali. Denpasar: Proyek Irigasi Bali Denpasar
Cintami & Mukminan. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di sekolah menengah atas Kota Palembang. Jurnal Ilmu Sosial, 15(2).
Devi, W. S., & Rafvesa, F. (2018). Efektivitas Metode Outdoor study Dengan Musik Klasik Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Puisi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).
Goleman, D. (2010). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Husamah. (2013). Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: Binarupa Aksara.
Kaiser, F.G., Oerke, B., & Bogner, F.X. (2007). Behavior-Based Environmental Attitude: Development of An Instrument For Adolescents. Journal of Environmental Psychology 27, 242–251.
Kurnianti, D. (2020). Implementasi Metode Outdoor study Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an Elemntary School, 7(1).
Muniroh, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas X Smk Swasta Panca Bhakti Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 (7).
Palmer, J., & Neal, P. (1994). The Handbook Of Environmental Education. New York: Routledge.
Rustam, S., & Apik, B. S. (2015). Penerapan Metode Outdoor Studypada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS Ma Al Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2014/2015. Journal UNNES ISSN 2252-6684.
Sejati, A. E. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor study Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2).
Sriartha, I P., & Kertih, I W. (2019). Subak Local Wisdom as Social Studies Learning Source in Junior High School. Proceedings of the 4th Asian Education Symposium (AES 2019).
Sriartha, I P. (2017). Local Wisdom of Subak As A Model Of Character Building For Social Studies Learning In Schools. Proceedings of the 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017).
Sudjana, N., & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Supriatna, N. (2016). Ecopedagogy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutawan, N. (1983). Keberadaan Pura pada Subak. Denpasar: Dinas Kebudayaan Propinsi Bali.
Syahyudi, Dindin. 2019. Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan, 2(1).
Taqwan, S. H. B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1).
Witarsa, R. (2018). Pengaruhpenggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksisosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik, 6(1).