Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Berbasis Blended Learning pada Masa Pandemi Covid
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i2.50887Keywords:
model pembelajaran, blended learning, PJOKAbstract
Tujuan Penelitian ini mengidentifikasi terkait pelaksanaan pembelajaran PJOK berbasis blended learning di masa pandemi covid. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif yang dalam memperoleh data menggunakan data primer dan skunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru PJOK dan enam orang peserta didik kelas VI SDN Jemur Wonosari 1. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada tahap perencanaan, guru PJOK telah menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP dan media pembelajaran, (2) tahap pelaksanaan yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan offline dengan baik, guru dan siswa saling berdiskusi terkait materi yang dipelajari, dan (3) tahap evaluasi ditemukan bahwa ada kemajuan nilai hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK dengan menggunakan blended learning dapat menjadi strategi pembelajaran yang baik untuk menunjang pemahaman peserta didik dalam pelajaran PJOK.
References
Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blanded Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Article, 01(https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/issue/view/1), 01.
Hidayat, N. (2021). Evaluasi Program Blended Learning terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 411–419. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5773194
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94.
Husamah, H. (2014). Blended learning [In Indonesia Pembelajaran bauran] (mohammad jauhar (ed.)). prestasi pustaka.
Iqbal, Y., & Kristiyandaru, A. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Madrasah Tsanawiyah Se-Kota Kediri. Article, 08 Nomor 3.
Madura, I. (2021). Bersinergi Dalam Menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19. Resiliensi, Inovasi dan motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas, 63.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 48–59.
Rulyansah, A., & Hasanah, U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif berdasarkan Brain based Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 40–57.
Rulyansah, A., & Wardana, L. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences. Jurnal Basicedu, 4(4), 1236–1245. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.539
Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science and Education, 2(2), 120. https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376
Widyaningrum, H. K., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya strategi pembelajaran inovatif dalam menghadapi kreativitas siswa di masa depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 268–277.
zaeni, A. permata, Hidayat, D., & Syahid, A. (2021). Model pembelajaran blended learning di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Zahrotul Amaliyah di Desa Kondang Jaya Kecamatan Karawang Timur. Conten, 6 No.2, 124–133.
Zaenuri, Z., & Prastowo, A. (2021). Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1734–1744. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.654
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Muhyidiin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)