Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Berbasis Blended Learning pada Masa Pandemi Covid

Authors

  • Ahmad Muhyidiin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sunanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • M Tamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i2.50887

Keywords:

model pembelajaran, blended learning, PJOK

Abstract

Tujuan Penelitian ini mengidentifikasi terkait pelaksanaan pembelajaran PJOK berbasis blended learning di masa pandemi covid. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif yang dalam memperoleh data menggunakan data primer dan skunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru PJOK dan enam orang peserta didik kelas VI SDN Jemur Wonosari 1. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada tahap  perencanaan, guru PJOK telah menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP dan media pembelajaran, (2) tahap pelaksanaan yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan offline dengan baik, guru dan siswa saling berdiskusi terkait materi yang dipelajari, dan (3) tahap evaluasi ditemukan bahwa ada kemajuan nilai hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK dengan menggunakan blended learning dapat menjadi strategi pembelajaran yang baik untuk menunjang pemahaman peserta didik dalam pelajaran PJOK.

References

Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blanded Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Article, 01(https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/issue/view/1), 01.

Hidayat, N. (2021). Evaluasi Program Blended Learning terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 411–419. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5773194

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94.

Husamah, H. (2014). Blended learning [In Indonesia Pembelajaran bauran] (mohammad jauhar (ed.)). prestasi pustaka.

Iqbal, Y., & Kristiyandaru, A. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Madrasah Tsanawiyah Se-Kota Kediri. Article, 08 Nomor 3.

Madura, I. (2021). Bersinergi Dalam Menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19. Resiliensi, Inovasi dan motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas, 63.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 48–59.

Rulyansah, A., & Hasanah, U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif berdasarkan Brain based Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 40–57.

Rulyansah, A., & Wardana, L. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences. Jurnal Basicedu, 4(4), 1236–1245. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.539

Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science and Education, 2(2), 120. https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376

Widyaningrum, H. K., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya strategi pembelajaran inovatif dalam menghadapi kreativitas siswa di masa depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 268–277.

zaeni, A. permata, Hidayat, D., & Syahid, A. (2021). Model pembelajaran blended learning di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Zahrotul Amaliyah di Desa Kondang Jaya Kecamatan Karawang Timur. Conten, 6 No.2, 124–133.

Zaenuri, Z., & Prastowo, A. (2021). Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1734–1744. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.654

Downloads

Published

2022-09-30