PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24441Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bola basket antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi google classroom. Penelitian ini merupakan true experiment dengan rancangan The randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Negara, sampel berjumlah 72 siswa. Penetapan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan nilai keterampilan teknik dasar bola basket (dribbling, shoting, passing). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANAVA. Pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi google classroom diperoleh nilai rata-rata 86,2 dengan standar deviasi 1,35. Sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi google classroom. diperoleh nilai rata-rata 81,8 dengan standar deviasi 1,09. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah 0,040. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar bola basket pada siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi google classroom lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi google classroom.
Referensi
Adiwiguna. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendas Vol 3, No.2
Dewi. Kadek Arie Kusuma. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Bentuk Assessment Kinerja Terhadap Keterampilan Proses Tik Untuk Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Kuta. Vol 8, No.2
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Fatoni 2016. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Problem Based Learning Terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD” Jurnal IPS (Hal 84-91. Vol 2)
Haryanto. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Kreativitas Siswa Smplb C Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 5, No.1
Lestari, Seni. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendas. Vol 2, No.1
Muhajir, dkk. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Novriyanti 2014. “Menemukan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 1 Delitua. Jurnal IPA
Permendikbud Republik Indonesia 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. 2016. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Prakoso. 2017. Pengaruh Metode Latihan dan Daya Tahan Otot Tungkai terhadap Hasil Peningkatan Kapasitas Vo2 max Pemain Bola Basket. Vol 5, No. 2
Purbarani. 2018. Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Vol 2, No.1
Ratumanan Tanwey Gerson. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Rayanda, Asyhar. 2012. Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta :Gaung Persada (GP) Press Jakarta
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta:RajawaliPers
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013), h. 169.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Teori, Riset, and Praktik Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sudiasih. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Disposisi Matematika. Vol 2, No. 2
Sumantri, Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta. RajawaliPers
Sumargi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Negeri 3 Bedulu Tahun Pelajaran 2013/2014. Vol 5, No.1
Sriwulan. N. Ariani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Membaca Wacana Bahasa Jepang Dengan Kovariabel Tingkat Kecemasan Siswa Kelas Xii/Ipb Sma Negeri 1 Semarapura. Vol 4, No.1
Swadesi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Berbasis ICT di SMP. Jurnal Undiksha.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Wijaya, Made Agus. 2015. Developing Fundamental Movement Based Cooperative Learning Model In Primary School. Jurnal Undiksha Vol 2, No. 1
Wirata. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa. Vol 3, No.9
Yudiani. 2016. Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Questions Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal PGSD. Vol 4, No 1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)